120 Warga Rutan Diambil Sampel Darah – infotanahlaut.com
KESEHATAN

120 Warga Rutan Diambil Sampel Darah

INFOTANAHLAUT.COM-Tim medis dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tanah Laut, Senin (19/11/2018) melakukan kegiatan Surveilant/Sero Survey HIV/AIDS kepada 120 orang warga binaan Rutan Kelas 2B Pelaihari utamanya pada kelompok resiko tinggi. Dalam kegiatan tersebut untuk menargetkan Getting To Zero pengidap HIV/AIDS.
Satu per satu warga binaan Rutan Pelaihari itu di ambil sampel darah mereka. Kegiatan tersebut untuk mencegah bertambahnya jumlah penghuni penjara yang terinfeksi HIV/AIDS, program pencegahan dan penyalahgunaan narkoba yang perlu di intensifkan. Salah satu upaya untuk mengetahui upaya besarnya masalah HIV/AIDS adalah dengan kegiatan Surveilan/Zero Survey pada kelompok resiko tinggi kepada warga binaan.
Kasi Pencegahan dan P2M, MH.Hadiansyah Noor,SKM Dinkes Tala menuturkan, pemeriksaan tersebut merupakan agenda rutin tahunan yang dilakukan pihaknya kepada warga binaan Rutan Pelaihari.
“Pengambilan sampel darah adalah untuk mengetahui bila ada WBP yang terinfeksi HIV/AIDS, terlebih lagi untuk tema hari AIDS tahun ini, memang dari Kementerian Kesehatan RI bekerjasama dengan Kementerian Hukum dan HAM menggalakkan kegiatan di seluruh daerah, memusatkan pemeriksaan sampel darah bagi warga binaan di setiap Lapas dan Rutan guna mendeteksi kemungkinan warga binaan Lapas yang terjangkit, dan menyiapkan upaya untuk mencegah penyebarannya”,tutur M.H.Hadiansyah Noor.
Surveilant/Sero Survey HIV/AIDS sendiri yakni penelitian tentang ada tidaknya penderita HIV/AIDS di sebuah tempat. Hasil dari pengambilan sampel darah kepada warga Rutan Pelaihari sendiri di perkirakan akan ada hasilnya setelah 1 pekan waktu yang di butuhkan atau mungkin lebih dari 1 pekan.
Sementara itu, Karutan Pelaihari Budi Suharto mengapresiasi terlaksananya kegiatan.
“Sangat berterima kasih dengan kegiatan ini, mudahan akan tetap terus berjalan dan merupakan agenda rutin, seandainya ada yang terjangkit bisa dilakukan pencegahan penyebarannya,” harapnya.Tung

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook