PEMERINTAHAN

130 Rumah Rampung Dibedah

INFOTANAHLAUT.COM- Melalui program Rehabilitasi Sosial Rumah Tidak Layak Huni (RS-RTLH) atau bedah rumah, yang merupakan progam bentuk kerjasama Pemprov Kalsel dan TP PKK Kalsel telah merampungkan program bedah rumah kepada sasaran warga yang memang kurang mampu dan layak sebanyak 130 unit untuk tahun 2017. Program RS-RTLH ini akan lebih mantap lagi jika merangkul pihak swasta, namun gubernur Kalsel Sahbirin Noor menegaskan untuk tidak mengada-ada jika merangkul kerjasama dengan swasta dalam program tersebut.
Dalam keterangan persnya, usai potong pita rumah Bahrudin warga Desa Lok Serapang Kecamatan Pelaihari yang telah selesai di bedah rumahnya, Sabtu (27/1) sore pekan tadi Gubernur Kalsel Sahbirin Noor mengatakan, hal kerjasama dengan pihak swasta itu cukup bagus dan mudah-mudahan saja bisa menambah lagi, akan tetapi jangan sampai mengada-ada, seumpama bisa bedah rumah sebanyak 3.000 unit, akan tetapi kita maunya 5.000, tapi 2.000 nya mengada-ada itu yang tidak di inginkan.
Di tahun 2018 ini ada target sebanyak 3.500 rumah se Kalsel akan di bedah, dan sumber dana bedah rumah dari APBN, serta adanya sinergis dengan Pemprov Kalsel yang bekerjasama dengan PKK Pemprov Kalsel hingga sampai ke PKK Kabupaten.
“berharap, makin banyak mengangkat masyarakat di Kalsel yang belum memiliki rumah yang layak huni. Untuk Tanah Laut sendiri di upayakan ada 200 unit rumah, dan sementara baru ada 10 rumah, dan mudahan terjangkau serta tepat sasaran,” kata Sahbirin.
Peresmian dan sekaligus penyerahan kunci rumah Bahrudin oleh gubernur Kalsel tersebut secara simbolis mewakili 13 kabupaten/kota di Kalsel. Peresmian rumah lewat potong pita tersebut turut di dampingi bupati Tala H.Bambang Alamsyah.
Usai melakukan pemotongan pita penggunaan rumah Bahrudin, Gubernur bersama bupati pun melihat-lihat properti rumah yang sudah di bedah, baik dari ruang dapur, WC, kamar tidur, WC, hingga adanya meja kursi 4 buah kayu yang serba baru.
Rumah sederhana yang di buat namun layak huni serta sehat tersebut membuat Bahrudin seorang duda dan 3 orang anaknya itu pun merasa senang. Karena sebelumnya, selama 10 tahun kondisi rumah Bahrudin cukup rusak, bocor dimana-mana kalau hujan turun.
“terima kasih pemerintah yang sudah memperbaiki rumah saya, dan awalnya pada saat rumahnya akan di bedah di beritahu oleh Lurah, dan meminta kepada Rt untuk meneruskannya,” ucap Bahrudin.
Sementara itu bupati Tala H.Bambang Alamsyah meminta kepada tuan rumah yang telah di bedah rumahnya untuk lebih giat bekerja, dan melakukan perawatan terhadap rumahnya.
“sukur banar pian, kada tanggung-tanggung nang marasmiakan rumah di desa ini gubernur,” kata Bambang.
Pada peresmian dan serah terima kunci rumah di hadiri pula pengurus PKK Provinsi Kalsel dan PKK Kabupaten Tanah Laut, para pejabat di Pemrpov Kalsel, dan Tanah Laut serta para camat di Tala beserta warga setempat.Tung

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook