SENI & OLAHRAGA

14 Grup Siap Hibur Warga

INFOTANAHLAUT.COM-Dalam rangka memperingati hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia ke 74, sebanyak 14 grup Kuda Lumping di undang untuk saling unjuk kebolehn dalam pagelaran Kesenian Kuda Lumping se Kecamatan Pelaihari di lapangan sepak bola Desa Bumi Jaya.
Senin (5/8) pagelaran di buka langsung Bupati Tanah Laut H. Sukamta.
Dalam sambutannya Sukamta menyampaikan, Pemerintah Daerah akan terus mendukung segala kegiatan yang dapat melestarikan kesenian tradisional yang ada di bumi Tuntung Pandang ini.
Salah satunya kuda lumping sebagai kesenian dari nenek moyang, maka kegiatan seperti inilah usaha-usaha untuk melestarikannya, ucap Sukamta.
Ia menambahkan, adanya kegiatan seperti saat ini dapat turut membantu roda perekonomian masyarakat karena banyak masyarakat yang dapat berjualan dan meraih keuntungan. Para pedagang makanan dan minuman ringan seperti paman pentol dan penjual jeruk peras dapat berjualan dan merasakan keuntungan, sehingga dapat mensejahterakan para pedagang-pedagang tersebut, kata Sukamta pula.
Pada pembukaan turut berhadir anggota DPRD Provinsi Kalimantan Selatan Fraksi PDI-P Imam Suprastowo, seluruh kepala desa dan Lurah se Kecamatan Pelaihari, Ketua Lembaga Adat se Kecamatan Pelaihari, Pimpinan Paguyuban Kuda Lumping se Kecamatan Pelaihari, serta warga setempat.
Terpisah, kepala Desa Bumi Jaya Mulyono menyebutkan, tontonan kesenian kuda lumping semata-mata untuk saling mempererat persaudaraan sesama grup kuda lumping, disamping itu untuk memberikan hiburan kepada rakyat.
“Perjuangan di jaman sekarang memang tidak harus membawa senjata, namun mengisi kemerdekaan dengan kegiatan-kegiatan positif salah satunya melestarikan seni budaya yang memang menjadi warisan bangsa ini, dan pertunjukan kuda lumping akan berlangsung hingga pada hari H hut RI ke 74,”tutup Mulyono.
Pertunjukan kuda lumping sendiri di mulai dari pukul 20.00 wita sampai pukul 24.00 wita sampai tanggal 17 Agustus 2019 mendatang.Tung

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook