BENCANA

1,5 Ha Lahan Bondong Terbakar

INFOTANAHLAUT. COM-Ancaman kebakaran hutan maupun lahan sudah mulai mengancam di Kabupaten Tanah Laut,dan dalam dua pekan ini di wilayah Kabupaten Tanah Laut tidak ada turun hujan.
Panasnya terik mentari membuat sejumlah tanaman di areal persawahan dan perkebunan nampak mengering,dan pada Rabu (13/6) sekitar pukul 13.00 wita api melahap lahan Bondong atau lahan rawa di wilayah perbatasan Kecamatan Tambang Ulang dan Kecamatan Bati-Bati, tepatnya di Desa Gunung Raja.
Sejumlah elemen mulai dari Polisi, Manggala Agni pun terlihat berjibaku untuk memadamkan kobaran api. Kencangnya tiupan angin membuat lahan yang di tumbuhi tanaman Bondong (sejenis rumput rawa) itu pun cepat sekali menjalar.
Dilokasi kebakaran lahan,Kasat Lantas Polres Tala AKP lalu Ryian yang ikut memadamkan kobaran api menyebutkan,ada kurang lebih 1,5 hektar lahan Bondong yang terbakar.
“akses jalan raya mulai terganggu dengan kepulan asap,sehingga jarak pandang saat terjadinya kebakaran lahan hanya kurang lebih 10 meter saja,”terang Kasat Lantas.
Namun untungnya kobaran api tidak semakin meluas,karena semua stake holder seperti Polres, Polsek, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tala dan Koramil Bati-Bati saling berupaya memadamkan api.
Tidak peduli dengan suasana bulan puasa, segenap personil tim Karhutla saling mengerahkan peralatan pemadaman api mulai dari unit pemadam Manggala Agni, hingga sampai alat semprot gendong di kerahkan untuk memadamkan api,bahkan personil dari Polisi harus menerobos tanaman Bondong untuk memadamkan api dengan menggunakan alat semprot gendong tersebut.
Sebagian personil lainnya menggunakan pompa air portable dengan menyedot air di sekitar Bondong yang kebetulan belum mengering.Tung

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook