PUBLIK

17 Desa Hitung Ulang Hasil Pilkades

INFOTANAHLAUT.COM- Pelaksanaan pilkades secara serentak di 52 desa telah dilakukan pada tanggal 15 November 2017 lalu, namun ada 17 desa pelaksanaan Pilkades yang akan di hitung ulang. dilakukannya perhitungan ulang setelah pihak Pantia Kabupaten Tanah Laut melakukan pertemuan dengan para panitia desa yang di anggap ada permasalahan dengan Pilkades, Selasa (21/11) di ruang Barakat lantai II kantor Setda Tala.

Pertemuan tersebut di pimpin oleh Sekda Tala Drs. Syahrian Nurdin dan di dampingi Plt Asisten I Bambang Kusudarisman dan Kepala Dinas Pemerintahan Masyarakat dan Desa M.Hanil.

Bambang di konfirmasi usai pertemuan menyebutkan, jika pertemuan membahas permasalahan-permasalahan yang telah terjadi pada proses demokrasi Pilkades, terkait surat suara yang di anggap tidak sah menjadi sah, atau yang sah menjadi tidak sah.

“Yang betul juga di anggap tidak sah,” katanya.

17 Desa yang akan dilakukan penghitungan ulang, agar sesuai dengan aturan di Perda nomor 4 tahun 2015 tentang Pilkades Tala, rencananya akan dilakukan di RTH Kijang Mas Permai, Kamis (23/11).

“Paling banyak pilkadesnya di Kecamatan Batu Ampar sebanyak 10 desa,”kata Bambang.

Dugaan kuat perhitungan Pilkades ini tidak sesuai pada Perda Nomor 4 Tahun 2015 untuk pasal 40 tentang surat suara Pilkades yang di anggap sah. Sebab, pada aturan itu, di sebutkan surat suara sah apabila, surat suara di tandatangani oleh ketua panitia, dan tanda coblos hanya terdapat pada satu kotak segi empat yang memuat satu calon, atau tanda coblos terdapat pada satu kotak segi empat yang memuat nomor, foto dan nama calon yang sudah di tentukan, atau tanda coblos lebih dari satu, tetapi masih dalam satu kotak segi empat yang memuat nomor, foto, dan nama calon, atau tanda coblos terdapat pada satu garis kota segi empat yang memuat nomor, foto, dan nama calon.

Salah satu panitia desa yang tidak mau di sebutkan namanya mengatakan, pihaknya sangat khawatir adanya perhitungan ulang ini terkait keamanan, sebab di takutkan para calon akan mengajak pendukung untuk mendatangi lokasi perhitungan ulang.Tung

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook