PEMERINTAHAN

2 Perda Disetujui, 3 Reperda Masih Dijawab Bupati

INFOTANAHLAUT.COM- Dua buah Perda yakni tentang Penetapan Desa dan perubahan Perda nomor 18 tahun 2018 tentang penyertaan modal Pemkab ke Perusahaan daerah (PD) Bak Perkreditan Rakyat (BPR), Rabu (17/5) kemarin lewat sidang paripurna DPRD Tala di gedung DPRD Tala telah di setujui. Sementara rancangan peraturan daerah Kabupaten Tanah Laut tentang perubahan atas peraturan daerah nomor 3 tahun 2011 tentang retribusi izin gangguan.
Rancangan peraturan daerah tentang perubahan atas peraturan daerah nomor 13 tahun 2011 tentang Pajak Daerah, dan rancangan peraturan daerah Kabupaten Tanah Laut tentang perubahan atas peraturan daerah nomor 3 tahun 2014 tentang Retribusi Rumah Potong Hewan, masih di jawab oleh eksekutif dalam hal ini di sampaikan langsung oleh bupati Tala Bambang Alamsyah pada kesempatan sidang Paripurna tersebut.
Bupati Tala Bambang Alamsyah mengatakan, sebagaimana di ketahui bersama bahwasanya desa sebagai bagian dari pemerintahan kabupaten sudah selayaknya dan seharusnya mendapatkan pengakuan berupa legalitas sebagai upaya dan bentuk nyata dalam menjalankan fungsi desa seutuhnya.
“Untuk itulah terhadap desa perlu di tetapkan penetapannya dengan peraturan daerah,” kata bupati pula.
Lebih lanjut di katakan, bahwa kemudian berkaitan dengan penetapan desa dalam peraturan daerah ini merupakan desa-desa yang telah ada dan mendapatkan kode desa sesuai ketentuan yang berlaku. Desa-desa tersebut sudah tidak memiliki kesatuan masyarakat hukum adat beserta hak tradisionalnya yang secara nyata masih hidup, baik yang bersifat teritorial, geneologis, maupun yang bersifat fungsional.
Sementara menyangkut PD Bank Perkreditan Rakyat, Raperda ini adalah regulasi yang keberpihakan kepada UKM dan petani sangat besar, sehingga di harapkan penyertaan modal ini nantinya dapat membantu mereka dalam hal permodalan.
” yang dimiliki bukan hanya dapat memberikan modal kepada usaha kecil dan mikro, tetapi juga dapat memberikan bimbingan, petunjuk, sebagai konsultan dan teman diskusi kepada pelaku usaha kecil dan mikro di bumi Tuntung Pandang,” kata bupati pula.
Bupati berjanji pula dalam kurun waktu secepatnya mensosialisasikan kedua Perda tersebut agar dapat berjalan dan di pahami semua pihak terkait. baz

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook