PENDIDIKAN

2 Sekolah Siap Laksanakan UNBK

INFOTANAHLAUT.COM-Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SLTP di Kabupaten Tanah Laut, telah siap di ikuti 2 sekolah yakni SMP Negeri1 Pelaihari dan MTsN 2 Tanah Laut.

Kasi kurikulum dan penilaian pendidikan dasar pada Dinas Pendidikan Kabupaten Tanah Laut Titik.W, Kamis (9/3) mengatakan, pelaksaan UNBK seperti MTsN 2 Tanah Laut memang berada di Diknas untuk fokus pada ujiannya, sementara kalau menyangkut data sekolah berada di Kemenag Tala.

Ia menambahkan, untuk siswa di 2 sekolah yang siap melaksanakan UNBK ini berjumlah 461 siswa, terdiri dari SMP Negeri 1 Pelaihari sebanyak 209 orang, dan MTsN 2 Tanah Laut sebanyak 257 orang siswa.

Sebelum pelaksanaan UNBK, telah dilakukan tahap latihan secara online, dan sesuai dengan jadwal dari Kementerian Pendidikan Nasional pada tanggal 20 sampai 23 Maret mendatang dilakukan gladi bersih, kemudian yang sudah di laksanakan pada tanggal 27 sampai 28 Februari lalu yakni simulasi UNBK.

Lebih lanjut ia menambahkan, dalam pelaksanaan UNBK yang akan dilaksanakan pada tanggal 2 sampai 8 Mei 2017 mendatang, maka setiap pelaksanaan UNBK ada terdapat 1 orang tenaga proktor (semacam operator), dan untuk tenaga proktor sendiri di tunjuk langsung dari Kementerian Pendidikan.

“termasuk adanya koordinasi dengan pihak PLN juga sudah dilakukan, dimana pada saat pelaksanaan UNBK, maka oleh PLN menyiapkan 1 unit genset ukuran bersar, jika saat pelaksanaan terjadi pemadaman listrik,” jelas Titik.

Seperti halnya kesiapan pelaksanaan UNBK di SMP Negeri 1 Pelaihari, ada terdapat 34 Portable Computer (PC) di ruang 1, dan 35 unit PC di ruang 2, sementara di tambah 8 unit PC sebagai cadangan.

Sementara untuk piranti pelaksanaan UNBK seperti di MTsN 2 Tanah Laut, bisa menggunakan laptop jika seandainya PC mengalami kekurangan.

Pelaksanaan UNBK sendiri hanya 3 hari dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris serta IPA, dan dalam setiap siswa per 1 PC soal-soal ujian pun berbeda.

Selain itu juga di siapkan jadwal UNBK susulan, hal ini sebagai jadwal susulan kepada siswa jika mengalami sakit dengan di sertai adanya surat keterangan sakit dari dokter. Ujian susulan tersebut berlangsung selama 2 hari, yakni tanggal 22 sampai 23 Mei 2017.

Desi salah seorang siswa kelas 9 di SMP Negeri 1 Pelaihari saat di temui di sekolahnya mengatakan, memang simulasi untuk UNBK ini sudah di ikuti di sekolah.

“awalnya memang ada kesulitan, namun ternyata lebih mudah dari pada menggunakan ujian dengan menggunakan manual atau menggunakan lembaran pengisian ujian menggunakan kertas, dan dalam menghadapi UNBK kelak sudah siap, baik itu kesiapan mental, termasuk dalam hal mata pelajaran,”ungkapnya.baz

 

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook