PEMKAB TALA

2019, Fasilitas Pendukung Pelabuhan Dilengkapi

INFOTANAHLAUT.COM- Satu dari 14 Kabupaten/kota di Indonesia, Kabupaten Tanah Laut salah satunya yang masuk dalam kawasan strategis nasional sesuai dengan Peraturan Presiden RI nomor 2 tahun 2015 tentang program strategis nasional, yang di tandai dengan di bangunnya pelabuhan di kawasan pantai Swarangan di Kecamatan Jorong. Tahun ini pengerjaan JT atau dermaga sudah mencapai 400 meter, dimana target peyelesaian dermaga sepanjang 1.100 meter menjorok ke laut.
Kepala Dinas Perhubungan Tanah Laut Andreas Evoni, Jum’at (27/4) pekan tadi mengatakan, di tahun 2019 mendatang fasilitas pendukung pelabuhan atau fasiltas darat lainnya seperti gudang, kantor dan terminal di lengkapi, dan di akhir tahun 2019 sudah memasuki masa uji coba, sebelum pada akhirnya di tahun 2020 pelabuhan secara keseluruhan sudah beroperasi.
“di masa uji coba kelak, jika memang sudah layak maka di rencanakan di resmikan oleh Presiden RI,”katanya.
Ia menambahkan, untuk jalan akses sekarang sudah terbangun 25 m x 1,8 km atau 1.800 m dari Desa Swarangan Dusun Sungai Pampan, dan Alhamdulillah warga setempat begitu mendukung dengan pembangunan kawasan pelabuhan tersebut.
Bahkan untuk status jalan desa sendiri sambung Andreas, akan di tingkatkan menjadi status jalan kabupaten dengan dilakukan pelebaran.
Di saat sekarang saja sudah mulai tumbuh perekonimian warga setempat, sejumlah bangunan-bangunan baik itu penginapan maupun warung-warung mulai di bangun warga, ini menandakan kelak ketika pelabuhan ini selesai di bangun, maka perekonomian warga setempat juga akan ikut maju dan berkembang.
Untuk penetapan atau peruntukkan kawasan industri di lahan seluas 6.000 hektar, dimana pelabuhan nantinya sebagai pendukung utama dari pengembangan kawasan industri, hal ini telah di tetapkan melalui adanya Peraturan Presiden RI nomor 3 tahun 2016 tentang percepatan proyek startegis nasional yang fokus pada Kawasan Industri (KI).Tung

1
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook