KESEHATAN

3 Benjolan Bersarang Dikepala Bocah 1 Tahun

INFOTANAHLAUT.COM- Seorang bocah laki-laki bernama Muhammad Naufal Al Azam (1) anak ke 3 dari pasangan Ibrahim dan Masdiana yang tinggal di Dusun Sundawa Rt 5 Rw 5 Desa Batu Mulya Kecamatan Panyipatan, memiliki benjolan sebanyak 3 buah di bagian kepala belakangnya.

Memang saat ini ke 3 benjolan itu belum terlihat besar, namun dapat terlihat jelas. Ibrahim mengakui bahwa benjolan pernah membesar sebesar telur ayam, dimana pada saat itu anaknya tengah sakit badan panas.

Di temui di rumahnya, Jum’at (17/11) Ibrahim menceritakan kondisi anaknya di waktu sebelum sekarang yang sudah agak membaik, namun ke khawaritan masih menyelimuti jika sewaktu-waktu ketiga benjolan di kepala anaknya tersebut akan membesar seiring dengan pertumbuhan badannya.

Naufal pernah melakukan pengobatan di Posyandu, dan oleh petugas Posyandu saat itu pun terkejut melihat ada benjolan di kepalanya, sehingga di sarankan untuk segera dilakukan pengobatan ke rumah sakit di kabupaten, kata Ibrahim.

Ia menambahkan, berobat pun di turuti sesuai keinginan petugas Posyandu, namun karena keterbatasan dana, maka berbekal Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) yang di terbitkan pemerintahan Desa Batu Mulya tanggal 19 September 2017, serta rujukan SKTM dari Puskesmas Panyipatan saat itu, maka Naufal pun di bawa kerumah sakit H Boejasin Pelaihari. Diakuinya pelayanan di rumah sakit pun agak berbeda, entah karena pasien SKTM bahkan di minta untuk kembali datang kerumah sakit untuk berobat. Kembali datang ke rumah sakit di turuti, akan tetapi saat itu malah dokternya yang tidak ada, maka di putuskan pulang kerumah.

“ada dua pilihan yang di tawarkan pihak rumah sakit, yakni di obati atau di operasi, dan pilihan jatuh pada di obati karena kalau operasi sudah pasti tidak sedikit ongkosnya,” kata Ibrahim.

M.Naufal sendiri pernah mengalami serangan penyakit kulit, dimana dari wajah hingga sampai ke kaki terdapat luka (koreng) yang cukup banyak, namun oleh Ibrahim yang saat itu di dampingi petugas Posyandu berobat ke Puskesmas desa setempat melakukan pengobatan, dan hasilnya luka-luka tersebut bisa sembuh, hanya saja terhadap benjolan di kepala Naufal yang tidak bisa hilang.

Hasil dari diagnosa rumah sakit H Boejasin Pelaihari menyebutkan bahwa Naufal mengidap kelenjar Getah Bening atau Reaktif Lymphoid Hyperplasia.

Atas vonis tersebut, Ibrahim hanya bisa pasrah, karena tidak ada keuangan untuk melakukan pengobatan dan kini tidak tahu lagi kelanjutanya.

“kata dokter rumah sakit benjolan itu tidak mudah untuk dilakukan operasi, karena kondisinya mengeras, takutnya kelak suatu saat benjolan akan membesar,” ungkapnya.

Ibrahim sendiri merupakan warga pindahan dari Banjarmasin sejak tahun 2014 lalu, dan berada di Desa Batu Mulya sendiri di percaya oleh warga untuk menjaga mesjid atau kaum mesjid setempat, sementara rumah yang ia diami bukan merupakan program bedah rumah, melainkan di bangun dari gotong royong warga setempat pula, dengan ukuran 6 kali 4 meteer persegi. Selain menjadi kaum mesjid, Ibrahim juga bekerja ambil upah menyadap karet.

Dalam kunjungan ke rumah Ibrahim juga bersama koordinator grup WA Respon Cepat (RC) 113 Tala Edwin Sihol. Komunitas RC 113 Tala sendiri sebagai awal yang melakukan penggalangan dana terhadap pengidap tumor ganas Ilmi (43) warga jalan Al Fatah Matah 2 Kelurahan Karang Taruna yang kini tengah melakukan kemoterapi di rumah sakit umum Ulin Banjarmasin.

Di kesempatan itu, RC 113 Tala meminta ijin kepada Ibrahim untuk melakukan kembali aksi penggalangan dana guna melakukan pengobatan Naufal, dan hal itupun di ijinkan oleh Ibrahim.

“alhamdullilah orang tua Naufal memberi ijin, dan kami tidak pernah ada kata bosan atau jenuh untuk membantu sesama, namun juga akan kami bantu proses administrasi seperti menyempurnakan Kartu Keluarganya, karena belum tertera nama ke 3 anaknya, dan hal-hal lain yang mungkin di rasa perlu, sehingga bisa di usulkan ke BPJS,” terang Edwin.

Besar harapan Ibrahim dan Masdiana agar anak bungsunya bisa di selamatkan dari ancaman tumor kelenjar getah bening itu. Cita-cita dan masa depan Naufal yang masih sangat panjang patut kiranya menjadi pertahian semua pihak.Tung

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook