POLITIK

3 Ring Pintu Masuk, Jelang Debat Paslon

INFOTANAHLAUT.COM- Kabag Ops Polres Tala Kompol Fauzan Arianto, Kamis (3/5) memimpin rapat Koordinasi bersama TNI, KPU, Panwaslu, Dinas Perhubungan, Sat Pol PP dan Damkar, Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Kesehatan, dan ketua tim masing-masing paslon di aula Coment Center Tuntung Pandang 98 kantor Polres Tala membahas kesiapan menjelang debat kandidat cabup dan cawabup yang akan di langsungkan pada Sabtu malam (5/5) di gedung Balairung Tuntung Pandang.
Fauzan mengatakan, beberapa hal-hal yang di larang di bawa oleh undangan salah satunya adalah Mancis (korek api gas), di samping undangan juga terbatas 100 orang untuk masing-masing pendukung kedua paslon.
Orang yang bisa masuk kedalam gedung sendiri jelas harus memiliki ID Card yang di terbitkan oleh KPU. ID card sendiri memiliki warna berbeda-beda dengan tujuan membedakan si pemakainya, namun jangan khawatir bagi warga yang tidak bisa masuk maka di siapkan layar ukuran besar di tempat-tempat tertentu.
Dalam rapat tersebut di bahas berbagai macam hal, baik mulai dari penempatan Pedagang Kaki Lima (PKL), penempatan parkir kendaraan, penutupan sejumlah jalur, hingga sampai bagaimana agar masing-masing pendukung kedua paslon tidak sampai terjadi gesekan pasca debat paslon selesai di gelar.
Usai membahas berbagai macam hal, di teruskan dengan memperlihatkan maket atau gambaran situasi di lapangan pada sekitar kegiatan debat kelak yang di langsungkan (Tactical Floor Game).
Dalam Tactical Floor Game memperlihatkan penempatan aparat keamanan, kondisi gedung pelaksanaan debat paslon, hingga sampai penutupan sejumlah jalur yang semuanya di jelaskan oleh Kabag Ops Polres Tala Kompol Fauzan Arianto.
Usai memberikan penjelasan tentang kondisi saat pelaksanaan debat kandidat, Kabag Ops Polres Tala Kompol Fauzan Arinto dalam keterangan persnya mengatakan, ada sebanyk 283 personil untuk satuan pengamanan, dimana juga ada di back upu dari Brimob Polda Kalsel.
“untuk prediksi adanya kerawanan tentu saja sudah di lakukan antisipasi dengaan cara memasang zona pengamanan sebanyak 3 ring, dimana pada masing-masing ring di tempatkan personil yang berkemampuan untuk mengamankan debat kandidat,”jelas Fauzan.
Dalam Tactical Floor Game juga telah di tetapkan dua zona khusus jika terjadi sebuah pengamanan jika ada keributan (Rute Escape) yakni di kantor Polres Tala dan kantor Kodim 1009 Pelaihari.
Sementara itu komisioner KPU Tala Rahmad mengatakan, untuk kesiapan debat sudah mencapai 100 persen karena pelaksanaan debat kandidat sendiri semuanya menggunakan Even Organizer (EO), sehingga semua keperluan sudah di tangani EO secara keseluruhan.
“untuk moderator pada debat paslon dari unsur dosen Fisip Unlam Banjarmasin sampai panelis semua dari unsur akademisi, dan yang jelas penyampaian visi dan misi, tanya jawab dan secara live debat paslon di tampilkan statius tv lokal Kalsel,”terangnya.
Rahmat menambahkan, memang telah tertuang dalam PKPU pelaksanaan debat bisa dilakukan sebanyak 3 kali, namun oleh KPU Tala hanya di ambil satu kali saja.
Saat di langsungkannya debat paslon, ruas jalan ada yang harus di tutup yakni simpang 3 jalan Noor Sehat, simpang 4 Panyipatan (kantor Pos), jalan Karya sampai jalan Pangeran Antasari (depan rumdin wabup). Pada jalan Taqwa (mesjid Syuhada) khusus di gunakan untuk parkir kendaraan bagi paslon nmor 1, sementara bagi paslon nomor 2 di samping kiri Balairung Tuntung Pandang.
Di objek vital lainnya seperti kantor Panwaslu dan kantor KPU di jalan A Syairani di tempatkan 20 personil per kantor.Tung

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook