PUBLIK

33 Anggota Panwascam Siap Jalankan Tugas

INFOTANAHLAUT.COM- Layaknya seorang wasit di sebuah pertandingan maka peran wasit sangatlah di butuhkan agar jalannya pertandingan dapat berjalan aman dan lancar. Sejalan dengan itu, seperti halnya Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) sebagai wasit pada pelaksanaan pemilihan kepada daerah (pemilukada) tahun 2018 mendatang di Kabupaten Tanah Laut di tingkat kecamatan, maka sebanyak 33 orang anggota Panwascam se Kabupaten Tanah Laut oleh ketua Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten (Panwaskab) Kabupaten Tanah Laut Marsudi, Kamis (26/10) di gedung Balairung Tuntung Pandang Pelaihari melantik dan mengambil sumpah kepada anggota Panwascam.

Dari keseluruhan Panwascam satu orang atas nama Zainal Abidin adalah dari unsur pers media elektronik TVRI Kalsel yang bertugas di wilayah Kabupaten Tanah Laut, dan ia sendiri bertugas di Kecamatan Bati-Bati sebagai kampung halamannya.

Dalam pelantikan dan pengambilan sumpah anggota Panwascam ini juga turut di saksikan bupati Tala Bambang Alamsyah, Forkopimda Tala serta perwakilan Bawaslu Provinsi Kalsel Erna Kaspiah selaku koordinator divisi pencegahan dan hubungan antar lembaga.

Dalam arahan yang di sampaikan bupati Tala meminta kepada anggota Panwascam untuk bisa menjelaskan sejelas-jelasnya kepada masyarakat tentang pelaksanaan pemilihan bupati dan wakil bupati yang akan di langsungkan di bulan Juni 2018 mendatang di Kabupaten Tanah Laut.

“tugas Panwascam yang begitu komplek, memberikan pendidikan demokrasi di masyarakat, dan sudah pasti banyak waktu di luar, namun demikian jangan melupakan urusan di rumah tangga masing-masing,”kata bupati.

Usai melakukan pelantikan, ketua Panwaslu Kabupaten Tanah Laut Marsudi dalam keterangan persnya mengatakan, pasca ini tahapan yang dilakukan oleh Panwascam adalah melakukan koordinasi dengan Camat karena terkait sekretariat Panwascam di masing-masing wilayah kerjanya.

“kita berharap selama pelaksanaan pemilihan bupati dan wakil bupati kelak dapat berjalan dengan baik, aman dan lancar,” ungkap Marsudi.

Di kesempatan lain, kuisioner Bawaslu Provinsi Kalsel Erna Kaspiah mengungkapkan, untuk seluruh Kabupaten/kota di Kalsel, baru Kabupaten Tanah Laut yang pertama kali melakukan pelantikan Panwascamnya, sementara 3 kabupaten lainya yang juga melaksakan Pilkada kemungkinan pada akhir bulan Oktober baru bisa di lantik.

Kabupaten lain yang juga bakal melaksanakan Pilkada yakni Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Tapin, dan Tabalong.

Erna menambahkan, untuk saat ini 4 kabupaten yang melaksanakan pilkada, kerja dari Panwascam sendiri rangkap kerjannya sampai selesai Pilkada dan langsung di sambung ke pemilu legislatif serta Pilpres tahun 2019.

Menyangkut adanya unsur dari pers hal itu bebas saja, selama ia tidak menjadi anggota parpol dan bisa meluangkan waktu untuk melakukan pengawasan-pengawasan, begitu juga kalau anggota Panwascam dari unsur guru, ia mendapat ijin dari pimpinanya itu juga di bolehkan dan bisa meluangkan waktu dalam tugasnya sebagai anggota Panwascam.

Setelah di lantik, anggota Panwascam ini selanjutnya menjalankan tugas sesuai dengan UU nomor 7 tahun 2017 atau UU nomor 10 tahun 2016 melakukan pengawasan setiap tahapan yang berkaitan di tingkat kecamatan, dan Panwascam juga tugasnya membentuk Petugas Pemilihan Lapangan (PPL) serta pengawas di TPS.Tung

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook