PUBLIK

4 Desa Ditetapkan Tangguh Bencana

INFOTANAHLAUT.COM-Potensi bencana alam tidak bisa di prediksi kapan datangnya, baik itu gelombang pasang air laut, angin puting beliung, banjir dan sebagainya, namun setidaknya dilakukan langkah antisipasi terhadap ancaman bencana alam tersebut, sehingga dapat meminimalisir timbulnya korban jiwa. Oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah di tetapkan 4 desa sebagai desa yang tangguh bencana.
Penetapan desa tangguh bencana tersebut bertujuan dan di harapkan dapat mendeteksi atas potensi bencana di wilayahnya, sehingga bisa di ambil tindakan antisipasi segera, serta mampu mengatasinya.
Bagi daerah-daerah tertentu oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melalui tim worknya, telah melakukan kajian resiko bencana oleh tim BNPB ke Kabupaten Tanah Laut untuk tahun 2018 sampai 2022 yang hasilnya di serahkan langsung kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Laut.
Kepala BPBD Tala H.M.Noor Rabu (7/3) mengatakan, ke 4 desa tanggung bencana itu yakni Desa Panjaratan Kecamatan Pelaihari, Desa Benua Raya Kecamatan Bati-Bati, Desa Kali Besar Kecamatan Kurau, dan Desa Simpang Empat Sungai Baru Kecamatan Jorong.
“4 desa tangguh bencana dapat menjadi percontohan untuk memotivasi desa-desa lainnya,”ungkapnya.
Dari catatan tentang kondisi bencana di Kabupaten Tanah Laut rata-rata bencana banjir, utamanya bagi desa yang keberadaannya terdapat sebuah sungai besar, faktor meluapnya air sungai sangat sering terjadi. Semua itu tentu di awali dengan tingginya curah hujan, atau mungkin keberadaan sungai yang belum dilakukan pengerukan.Tung

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook