PUBLIK

4 Hari Sebelum Pilkada, Jabatan Anggota KPU Berakhir

INFOTANAHLAUT.COM- Jabatan ketua dan anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tanah Laut akan berakhir sebelum 4 hari pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) di tahun 2018 mendatang, tepatnya akhir masa jabatan ketua dan anggota KPU ini pada tanggal 23 Juni 2018. Terhitung selama 5 tahun jabatan yang di duduki sebagai ketua dan anggota KPU yakni sejak tanggal 23 Juni 2013 lalu.

Anggota KPU Tala Ahmad Rozi di temui, Kamis (12/10) mengatakan, kemungkinan dan juga masih di tunggu biasanya ada surat keputusan dari KPU Pusat untuk perpanjangan masa jabatan sampai pada proses pelantikan bupati dan wakil bupati, ujarnya.

“kita juga masih menunggu-nunggu kalau ada keputusan perpanjangan masa jabatan, dan memang waktu 4 hari sebelum pelaksanaan Pemilukada di rasa tanggung, namuan jika memang di nyatakan habis ya apa boleh buat, kalau di perpanjang pun siap juga,”terangnya.

Informasi lain menyebutkan, partai Nasdem Tanah Laut kabarnya hari Jum’at (13/10) akan melakukan pendaftaran ke KPU, dan pendaftaran partai Nasdem ini secara serempak di lakukan di seluruh Indonesia.

Sementara di lain hal masih menurut Rozi, pada tahapan pendaftaran parpol ke KPU telah di mulai dari tanggal 3 sampai 16 Oktober. Partai Perindo berkasnya di kembalikan karena tidak lengkap antara nama dan bukti dukung sepetri Kartu Tanda Anggota (KTA) dan KTP yang tidak sama, namun kepada Perindo di berikan waktu untuk memperbaiki sampai tanggal batas waktu yang telah di tetapkan.

Parpol lain yang sudah mendaftar yakni Partai Solidaritas Indonesia (PSI), PDIP, dan PAN dan di nyatakan lolos verifikasi. Pendaftaran parpol ini sebagai syarat calon peserta pemilu, karena syaratnya harus daftar dulu baru sebagai peserta pemilu.

Pada bulan Februari 2018 terang Rozi, penetapan parpol sebagai peserta pemilu, baru pengurus Daftar Calon Sementara (DCS) untuk pemilih legislatif 2019. Di bulan Februari itu juga sekaligus penetapan parpol peserta pemilu 2018 beserta calon bupati dan calon wakil bupatinya.

Sebagai wasit dalam pelaksaan pemilu kepala daerah tahun 2018 mendatang, KPU Tala telah di berikan dana operasional hihab dari Pemkab Tanah Laut sebesar Rp 25 milliar.  Tahap pencariran dana tersebut di bagi dua yakni untuk tahun 2017 ini sebesar Rp 4 milliar, dan sisanya di cairkan tahun 2018.Tung

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook