PEMERINTAHAN

4 Kali Raih, WTP Tala Dijamin Halal

INFOTANAHLAUT.COM- Kabupaten Tanah Laut untuk ke-4 kalinya meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian. Hal ini terungkap pada saat penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas laporan keuangan pemerintah kabupaten kota se Kalimantan Selatan, bertempat di Aula BPK perwakilan provinsi Kalsel, Senin (5/6) kemarin.

LHP di serahkan langsung oleh kepala BPK perwakilan Kalsel kepada wakil bupati Tanah Laut H. Sukamta dan Ketua DPRD Tanah Laut Ahmad Yani.

Tanah Laut mendapat opini WTP dari laporan keuangan tahun anggaran 2013 hingga tahun ini.

WTP yang saat sekarang menjadi brending topic lantaran adanya unsur suap agar suatu daerah bisa mendapatkan WTP, namun bagi pemerintah Kabupaten Tanah Laut WTP yang di raih di pastikan dan di jamin tidak ada unsur suap, karena memenuhi apa yang menjadi syarat agar WTP terpenuhi.

Menyikapi WTP yang di raih instan dan menjadi isu nasional, wakil bupati Tala H Sukamta, Selasa (6/6) secara khusus menjelaskan.

Di jelaskannya, kalau sudah WTP asumsinya sudah bersih atau tidak ada terjadi korupsi, padahal untuk mendapatkan WTP itu ada 3 indikator utama yakni pertama bagaimana penyajian laporan keuangan atau tata kelola keuangan Pemerintah Daerah sesuai atau tidak dengan standar akuntansi pemerintah. Kemudian di dalam tata kelola keuangan bagaimana penyelenggara anggaran, bagaimana Sistem Pengawasan Internal Pemerintah (SPIP), berjalan apa tidak dan yang tidak kalah penting adalah ketaatan terhadap pelaksanaan anggaran, ketataan terhadap peraturan-peraturan yang lebih tinggi.

“sebenarnya kalau mau mencari WTP tidak sulit, sepanjang di aturan tata kelola keuangan di ikuti, gunakan standar akuntansi pemerintah, dan laksanakan SPIP dengan mengacu pada aturan yan ada. Dan hal di atas itulah yang tetap di pegang sejak menjabat sebagai wakil bupati, karena memang itulah hal yang harus di kawal sepenuhnya,dan WTP Tala di jamin halal, tanpa unsur yang tidak-tidak,” jelas wakil bupati.

Dalam penyerahan piagam WTP di hadiri pula oleh bupati walikota se Kalimantan Selatan, perwakilan DPRD kabupaten kota se Kalimantan Selatan, Sekretaris Daerah Kabupaten Tanah Laut, Inspektur Kabupaten Tanah Laut serta kepala badan keuangan Tanah laut.baz

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook