PUBLIK

52 Desa Siap Hadapi Pilkades

INFOTANAHLAUT.COM-Tahun ini merupakan tahun politik bagi warga di Kabupaten Tanah Laut, selain menghadapi persiapan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilu Pilkada), ternyata juga akan di langsungkan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades), yang akan di lakukan di 25 desa pada 11 kecamatan di seluruh Kabupaten Tanah Laut.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (BPMD) M.Hanil, Kamis (19/1) pekan lalu mengatakan, darike 53 desa pada 11 kecamatan yang akan melaksanakan Pilkades tersebut, pada Kecamatan Panyipatan yang paling sedikit yakni 1 desa saja, sementara yang paling banyak Pilkadesnya yakni Kecamatan Batu Ampar ada 10 desa.

Ia menambahkan, bagi kepala desa yang masa jabatannya sampai bulan Desember tetap di masukan dalam Pilkades tahun 2017, dan bagi kades yang sudah habis masa jabatannya di jabat pelaksana tugas (Pjs) yang di wajibkan oleh seseorang yang berstatus PNS di desa tersebut.

“tidak mungkin dalam satu desa tidak ada PNSnya, dan yang mengetahui kondisi pemerintahan desa,” ungkapnya.

Aturan mengenai Pilkades yang menyangkut jumlah calon kades tetap seperti aturan yang sudah-sudah, dimana jika calon kades lebih dari 5 orang, maka dilakukan tes tertulis.

BPMD sendiri hanya memiliki kewenangan menyampaikan kedesa untuk membentuk tim pemilihan, dan kalau sekira ada konflik di Pilkades, maka hal itu di limpahkan kepanitia pemilihan desa. Namun jika konflik memenui jalan buntu, maka oleh BPMD di teruskan kebupati dan wakil bupati, Sekretaris Daerah, asisnten, serta lintas sektor. Lintas sektor di maksud yakni Dinas Pendidikan terkait keabsahan ijazah calon kades, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil menyangkut KTP dan KK, Kepolisian yang menyangkut narkoba, serta Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai lembaga tehnis yang mengusai masalah pemilihan.

Kewenangan lain BPMD yakni memfasilitasi pembentukan panitia pemilihan, memfasilitasi konflik, dan sampai proses pelantikan.

Yang perlu di ingat oleh calon sendiri terang Hanil, bagi calon kades umur minimal 25 tahun saat mendaftar, dan pendidikan minimal SMP.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook