PEMKAB TALA

7 Juta Batang Bibit Disebar Se Kalsel

INFOTANAHLAUT.COM- Program Revolusi Hijau dari gubernur Kalsel Sahbirin Noor sejak tahun 2016 lalu, maka bagi Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Kabupaten Tanah Laut sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) dari Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel telah menanam ribuan batang pohon di berbagai tempat, mulai dari perkampungan, sekolah hingga dengan pihak perusahaan pertambangan batu bara, khususnya di lur areal pertambangan atau di lahan yang pinjam pakai. Dalam mendukung program tersebut, Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel telah mendistribusikan sebanyak 7 juta batang bibit berbagai jenis.
Kepala KPH Tala Rafiki, Jum’at (2/2) pekan tadi mengatakan, dalam program revolusi hijau tersebut pihak KPH Tala setiap hari melakukan penanaman pohon, namun jika ada kesibukan bersama staf seperti rapat, maka penaman di tunda pada hari berikutnya.
Menurut Rafiki pula, sebisa mungkin dilakukan penanaman di lokasi mana saja, termasuk jika ada permintaan dari pihak sekolah, maka bersama murid dan guru melakukan tanam pohon dilakukan.
Untuk jenis tanaman yang di tanam yakni jenis kayu dan buah-buahan seperti mahoni,trembesi, sengon. Sementara untuk jenis buah-buahan jenis rambutan dan durian.
Masing-masing KPH di 13 kabupaten/kota menentukan lokasi tanam, dan untuk KPH Tanah Laut pada tahun 2017 telah tertanam bibit pohon sebanyak 27.577 batang dan sampai bulan Januari 2018 telah tertanam sebanyak 3.055 batang bibit.
Tujuan dari program revolusi hijau adalah untuk menghijaukan lingkungan dan kualitas lingkungan, dengan mendorong semua pihak baik ASN, masyarakat dan perusahaan.
“paling banyak dilakukan penanaman yakni di sekolah-sekolah dan di perkampungan. Dimana pada sisi kanan dan kiri jalan kampung dilakukan penanaman,” kata Rafiki pula.
Untuk persemaian permanen bibitnya ada di 3 daerah yakni di Banjarbaru, Kandangan, dan Kotabaru.Tung

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook