POLRES TALA

703 Aparat Siap Amankan Pilkada

INFOTANAHLAUT.COM-Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tinggal hitungan hari saja lagi, tepatnya tanggal 27 Juni 2018 yang secara serentak se Indonesia, kesibukan pun mulai terlihat di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tanah Laut jalan A.Syairani, dan tidak ketinggalan adalah petugas keamaan dan ketertiban yang melibatkan unsur masyarakat atau disebut PAM TPS, Selasa (19/6) kemarin di aula kantor Kecamatan Pelaihari sebanyak 304 orang di berikan arahan dari pihak Polres Tanah Laut.
Kegiatan hal ini juga serentak dilakukan di 10 kecamatan lainnya, dengan para instruktur pilihan dari Polres Tanah Laut dalam rangka operasi Mantap Praja Tuntung Pandang 2018.
Sudah sejak pagi sekitar pukul 08.00 wita, ratusan orang datang ke kantor Kecamatan Pelaihari.
Dalam pemberian arahan kepada ratusan anggota pengamanan TPS, bertindak sebagai instrukturnya Kasat Tahti AKP Sidik dari Polres Tala.
Arahan yang di sampaikan sudah barang tentu menyangkut apa upaya atau tindakan yang di ambil oleh petugas jika ada gangguan pada TPS masing-masing.
“kalian sebagai petugas tentunya tidak semata hanya menjalankan tugas untuk aman dan lancarnya saat proses pemilihan, namun juga harus bersikap benar-benar netral, bukan lantas tidak memilik tapi jangan bertindak untuk mengajak masyarat memilih salah satu paslon,”terang Sidik.
Segala macam materi dalam arahan di sampaikan, salah satunya menyangkut keadaan georafis desa, karena setiap desa memiliki perbedaan dari segi georafisnya.
Termasuk pula menyangkut adanya daerah-daerah rawan atau pada TPS terhadap ancaman keamanan, sehingga anggota petugas keamanan atau PAM TPS ini harus mempunyai nomor Hp polisi yang tugas di desa masing-masing.
Sementara itu Kabag Ops Polres Tala Kompol Fauzan Arianto mengatakan, untuk giat pengamanan Pilkada ada tambahan kekuatan pengamanan dari 3 Polres yakni Polres Tanah Bumbu, Kotabaru, Banjarbaru, dan Polresta Banjarmasin.
“dari 657 TPS akan di tempatkan 1 anggota Polisi, bahkan ada 46 TPS yang akan di tempatkan 2 anggota Polisi yang di bantu BKO dari Brimob Polda Kalsel, di tambah Direktorat Sabhara, sehingga total personil 703 orang,”terang Fauzan.
Ia menambahkan, untuk pergeseran logistik pilkada pada sehari sebelum hari H yakni tanggal 27 Juni 2018, di pastikan seluruh logistik sudah dalam keadaan siap, termasuk nanti pada saat pergeseran munuju Panitia Pemilih Kecamatan (PPK) sudah dilaksanakan anggota pengamanan oleh Polisi.
Sementara di wacanakan untuk memulainya pergeseran logistik pilkada dilakukan lewat apel pada tanggal 26 Juni 2018 bahwa logistik di lepas secara simbolis oleh Forkopimda Tala di halaman stadion Pertasi Kencana Pelaihari untuk menuju PPK masing-masing.
Kabag Ops menambahkan, memang ada informasi ada beberapa daerah yang masih kondisi jalannya rusak seperti Desa Salaman dan Riam Adungan di Kecamaataan Kintap, namun pada prinsipnya seluruh TPS di Tanah Laut masih bisa di tempuh dengan kendaraan minimal roda dua, dan dalam pengamanan juga mendapat bantuan dari TNI.Tung

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook