PERPAJAKAN

Saatnya Lapor Pajak Tahunan

INFOTANAHLAUT.COM-Bulan Januari sampai dengan 31 Maret adalah waktunya untuk melaporkan SPT Tahunan PPh Orang Pribadi. Untuk pertama kalinya di tahun 2018, KP2KP Pelaihari berkesempatan mengudara di Radio Tuntung Pandang 102.3 FM.
Dua pegawai KP2KP Pelaihari yakni Basyar dan Niam berkesempatan untuk menjadi narasumber pada talkshow kali ini. Dipandu oleh penyiar kawakan, Mang Imul, acara berlangsung dari pukul 09:15 WITA hingga 09:50 WITA.
“Kali ini kita membahas tentang pelaporan SPT Tahunan PPh Orang Pribadi,” Kata salah satu narasumber, Basyar. Banyak komponen yang perlu diketahui oleh para Wajib Pajak dalam melakukan pengisian SPT Tahunan.
“Secara umum, SPT Tahunan yang digunakan untuk pelaporan SPT Tahunan Orang Pribadi ada tiga formulir, 1770SS, 1770S serta 1770”. Tambah Basyar.
Formulir yang digunakan sesuai dengan jumlah dan sumber penghasilan dari masing masing Wajib Pajak. Untuk Pegawai/Karyawan yang memiliki penghasilan kurang dari 60 Juta dalam tahun 2017, maka menggunakan formulir 1770SS. Lebih dari 60 juta pertahun maka menggunakan formulir 1770S. Sedangkan untuk Wajib Pajak Orang Pribadi yang memiliki usaha atau pekerjaan bebas menggunakan formulir 1770.
“Pelaporan SPT Tahunan dapat dilakukan dengan mendatangi langsung KPP Pratama Banjarbaru atau KP2KP Pelaihari, dapat juga menggunakan layanan online melalui situs https://djponline.pajak.go.id serta dapat pula disampaikan melalui Pos,” Kata Niam.
Niam juga mengatakan bahwa agar pelaporan lebih nyaman, para Wajib Pajak dapat melaporkan SPT Tahunannya segera. Kepada para Wajib Pajak karyawan/pegawai yang telah mendapatkan bukti potong dapat segera melaporkan SPT Tahunan.
Apabila Wajib Pajak melaporkan lebih awal maka dapat menghindari antrian yang panjang di KPP atau KP2KP serta dapat terhindar dari sistem online yang terganggu akibat terlalu banyak pengguna.
Talkshow Radio oleh KP2KP Pelaihari sendiri dilakukan pada hari selasa minggu kedua setiap bulan di Tuntung Pandang 102.3 FM pukul 09:00 WITA. Tunggu sapaan KP2KP Pelaihari selanjutnya dibulan depan.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook