PENDIDIKAN

ABKIN Nilai Dampak Tehnolgi Kurangi Semangat Belajar

INFOTANAHLAUT.COM-Asosiasi Bimbingan Konseling (ABKIN) Kabupaten Tanah Laut sebagai organisasi profesi di Indonesia yang beranggotakan guru bimbingan dan konseling atau konselor menilai, dampak tehnologi seperti penggunan Gadget ternyata membawa efek penurunam semangat para siswa untuk belajar, demikian di utarakan ketua ABKIN Tala Susi Rohana,SPd, Rabu (13/11) usai pelantikan dan serah terima jabatan ketua pengurus ABKIN tahun 2018-2022 di aula SPP Snakma Pelaihari.
Pada sertijab juga sekaligus dilakukan work shop bagi para guru Bimbingan Konseling (BK) se Kabupaten Tanah Laut dengan tujuan pertama untuk silaturahmi antar anggota ABKIN, dan sekaligus memantapkan program kerja.
Para guru BK di Tala sendiri sebanyak 120 orang yang tersebar di 11 kecamatan, baik pada tingkatan SMP,MTS, SMA dan MA. Dalam 1 sekolah terdapat 3 sampai 4 orang guru BK.
Lebih lanjut di katakan Susi, guru BK saat ini di tantang menangani siswa yang galau dengan beragam bermasalah, dan diakui masalah di siswa sendiri cukup komplek apalagi di tingkat SMA, baik itu ada masalah narkoba, perkelahian, di sinilah peran guru BK, termasuk dampak tehnologi tadi.
Lewat work shop inilah menjadi harapan guru BK bisa menangani lebih baik lagi atas masalah-masalah yang di hadapi siswa, dan memberikan pelayanan ke siswa masing-masing di sekolahnya.
“Pada Periode ini membuat program 8 kali pertemuan sekaligus untuk evaluasi dari apa yang sudah di jalankan. Para guru BK sendiri campuran ada yang sudah PNS dan honor. Work shop merupakan praktek langsung bimbingan kelompok bedasarkan Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan Konseling (POPBK),”paparnya.
ABKIN sendiri sejatinya sudah terbentuk 10 tahun lalu dan berdiri sendiri, akan tetapi vakum dan tahun ini di gelorakan kembali.
Dukungan dari Dinas Pendidikan sendiri cukup besar, terang Susi Rohana yang juga guru BK pada SMA Negeri 1 Bati-Bati ini.
Pada work shop guru BK, narsum di sampaikan Dr.Ali Rachamn, MPd yang juga ketua ABKIN provinsi Kalsel dan yang melantik kepengurusan ABKIN Kabupaten Tanah Laut.Tung

4
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook