POLITIK

Ada TPS Bernuansa “Nusantara” Dintara TPS Lainnya

INFOTANAHLAUT.COM-Pelaksanaan Pemilu Presiden dan Pemilu Legislatif tahun 2019 menjadi moment yang menjadi catatan bagi warga Desa Durian Bungkuk di Kecamatan Batu Ampar, karena dalam hamparan lapangan sepak bola di desa setempat yang terdapat 7 buah TPS yang saling berdekatan, hanya pada TPS 3 yang bernuansa lain.
Oleh panitia TPS 3 memberinya dengan tema TPS Nusantara. Pasalnya para petugas di TPS 3 semuanya mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah mulai dari adat Jawa, Dayak, Banjar dan lain sebagainya.
Keberadaan lapangan sepak bola tempat berdirinya sejumlah TPS itu pun pada pagi sekitar pukul 09.00 wita, Rabu (17/4/2019) bagaikan sebuah pasar. Masyarakat Nampak berbondong-bondong dan terlihat antri untuk memberikan hak pilihnya. Tidak ketinggalan pada Pedagang Kaki Lima (PKL) pun memanfaatkan momen pencoblosan untuk berjualan di dekat TPS.
Di TPS Nusantara itu tidak semata hanya para petugasnya yang mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah, akan tetapi pada sekitar kotak suara maupun pada bilik suara di pasang rangkaian bunga plastik berwarna warni, disamping itu pada pintu masuk dan pintu keluar TPS juga terlihat hiasan bunga plastik setengah lingkaran.
M. Fathurroji mengatakan, ide mengenakan pakaian adat nusantara karena Pemiu adalah pesta nasional 5 tahun sekali, sehingga para anak muda di desa menginginkan ide-ide baru, agara jangan sampai Pemilu kali ini sebagai rutinitas biasa. Ini juga merupakan satu fundamental bagi negara kita, sehingga ingin melakukan seuatu yang beda.
“berharap jangan ada rasa penyesalamn dari warga kenapa tidak datang ke TPS yang sudah di buat bagus, dan tema Nusantara sebagai satu kesatuan bangsa Indonesia,”ucapnya.
Di TPS 3 sendiri pemilihnya sebanyak 249 pemilih, sementara keseluruhan pemilih di Desa Durian Bungkuk 2.543 pemilih.Tung

1
33%
like
2
66%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook