PUBLIK

Air Kencing Sopir Taksi Dan Kelayakan Mobil Dicek

INFOTANAHLAUT.COM- Para sopir taksi antar kota yang mangkal di terminal taksi Tanah Habang Pelaihari, Rabu (21/6) kemarin dilakukan pengecekan air kencing (urine) mereka oleh Satuan Narkoba Polres Tala. Disamping melakukan pengecekan urine terhadap para sopir taksi ini, juga sekaligus dilakukan pengecekan terhadap kelayakan mobil taksi mereka satu per satu, dan untuk pengecekan kendaraan dilakukan oleh petugas dar Dinas Perhubungan Tala.

Operasi terpadu ini dilakukan sebagai antisipasi untuk mencegah kecelakaan lalu lintas bagi armada taksi.

Dari hasil pengecekan terhadap urine sopir taksi ini hasilnya negatif, alias tidak ada sopir yang menggunakan narkoba, namun saja kondisi kesehatan mereka yang kurang fit, tensi darah naik dan ada kelelahan. Terhadap kendaraan mereka banyak di temukan yang sudah tidak layak untuk jalan, seperti lampu sign tidak berfungsi, ban terlihat gundul, dan penggunaan kaca spion yang tidak standar, termasuk lampu utama yang ada yang menyala dan ada yang tidak sama sekali.

Pelanggaran lain yang di temukan saat pengecekan kendaraan taksi juga masih ada sopir yang menggunakan film kaca yang sangat hitam, sehingga tidak terlihat sama sekali dari luar, termasuk pula penggunaan film kaca ini tidak di beri celah untuk pandangan sopir pada bagia kaca depannya.

Kepala dinas perhubunagn Tala Andreas Evoni di lokasi mengatakan, hal ini dilakukan dalam rangka kesiapan mudik lebaran dan juga arus balik nanti.

“semua tehnis yang menyangkut mobil di periksa secara detail, dan sari sampel mobil memang banyak yang belum layak, dan kepada sopir di berikan pembinaan, namun pasca ini mereka di minta untuk memperbaiki atas segala kekurangan tersebut pada saat melakukan pengujian di bagian Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) pada Dishub,”jelasnya.

Sementara itu Kapolres Tala AKBP Sentot Adi Dharmawan dilokasi pengecekan juga mengatakan, hal ini terkait dari operasi ramadaniya dengan tujuan agar kondisi kendaraan yang di gunakan masyarakat dapat aman dan layak, agar tidak sampai terjadi kecelakaan lalulintas.

Sementara itu Teguh Wardani salah seorang sopir taksi yang sudah selama 10 tahun sebagai sopir taksi trayek Banjarmasin-Batu Licin menyambut baik atas kegiatan ini.

“hal ini jelas untuk mengantisipasi adanya hal-hal yang tidak di inginkan bagi sopir taksi, dan sopir jelas lebih tahu untuk selanjutnya menaati peraturan,”ungkapnya.baz

 

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook