PUBLIK

Akun Diduga Pemicu Pengacau Dipantau

INFOTANAHLAUT.COM- Polres Tanah Laut telah mengendus keberadaan medsos yang di duga pemicu atau pengacau, dan kini terus melakukan monitoring atau pemantauan terhadap akun-akun yang di duga akan menjadi pemicu kekacauan tersebut atau sebagai unsur yang nantinya akan mempengaruhi jalannya pilkada Tala, namun akaun-akun tersebut dalam penganalisaan sementara sifatnya hanya debat-debat pendapat atau penyampaian opini saja, dan tidak mengarah pada sara, isu provokatif, atau sampai persekusi, demikian di utarakan Kapolres Tala AKBP Sentot Adi Dharmawan, di dampingi kabag Ops Kompol Fauzan Arianto, Jum’at (16/3) sore kepada pers usai kegiatan “Temu FKUB dan Masyarakat Dengan Polres Tala, dalam rangka Pilkada Tala 2018 di aula Satya Brata Polres Tala.
Kapolres menambahkan, akun-akun yang terus di awasi masih sedikit tidak seperti di daerah Jawa, dan sifatnya juga masih debat-debat dan itu masih di toleransi, namun jika sudah menjurus ke sara, ajaran kebencian maka di tindak secara hukum sesuai dengan UU ITE guna menjerat para pelakunya.
Kegiatan tersebut di hadiri sejumlah tokoh lintas agama di Tala, komunitas, relawan RC 113 Tala, pramuka, mahasiswa, para perwira Polres Tala serta jajaran Kapolsek se Tanah Laut termasuk Sekretaris Daerah (Sekda) Drs.Syahrian Nurdin.
Para tokoh agama dan masyarakat bersama Kapolres dan Sekda selanjutnya mengucapkan ikrar deklarasi menciptakan suasana damai pada pesta demokrasi pilkada di Tala, dan ikrar anti hoax atas berita di medsos.
Di kesempatan tersebut para jurnalis cetak dan elektronik yang ada di Tala juga melakukan hal yang sama dengan membacakan ikrar anti hoax, serta sikap netral di pilkada.
Momentum seperti saat pilkada sekarang menjadi momentum yang penting bagi jajaran Polres Tala. Diakui, Polri tidak mungkin akan bekerja sendiri tanpa dukungan tokoh agama dan masyarakat dalam menciptakan suasana yang aman di Tala.
Peran dari tokoh agama sangat besar dalam mempengaruhi masyarakat di Tala sebagai daerah yang religius, sehingga apa yang di sampaikan tokoh agama pasti di dengar dan di turuti.
Sementara itu, Hanny Momongan pendeta gereja Pantekosta jalan Parit Pelaihari menuturkan, hal ini sangat positif sekali dan sudah ada kesepakatan antar lintas agama untuk mendukung penuh suksesnya pilkada di Tala, dan himbauan yang dilakukan melalui jemaat ibadah saat di gereja, yang meminta agar tetap menjaga kerukunan, dan jangan mudah percaya dengan berita-berita yang belum tentu benar apalagi mengarah ke sara agar dilakukan konfirmasi kee pihak terkait.Tung

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook