KECELAKAAN

Akun FB Polisi Ganteng, Ternyata Menipu

INFOTANAHLAUT.COM-Pengguna jejaring sosial Facebook kali ini berhasil menipu salah seorang wanita yang juga berprofesi sebagai salah seorang guru SD di Pelaihari sebut saja FD, ia tertipu sebesar Rp 3 juta rupiah karena saat berkenalan lewat facebook dengan akun yang bernama AP mengaku seorang anggota Polisi dari Kabupaten Kerinci provinsi Jambi. Wajah pada akun AP sendiri terlihat sosok pemuda yang ganteng dan anggota Polisi. Dalam akun AP sendiri mengaku orang Kalimantan Barat dan bertugas di Provinsi Jambi.

Kejadian ini baru saja terjadi, yakni pada minggu ke dua di bulan Januari 2017, tepatnya hari Kamis (12/1) lalu.

Awalnya, SD Rabu (18/1) kemarin bercerita, awalnya memang hanya kenal di facebook. Ngomong-ngomong panjang lebar, hingga akhirnya AP mengajak nikah, maka hal itu saya anggap serius, karena memang ia membuka diri dan menceritakan kondisi keluarga dan tempat ia bertugas.

“ia minta kirimkan uang sebesar Rp 1,5 juta dengan alasan untuk membeli tiket pesawat terbang dari Jambi menuju Jakarta, dan di teruskan terbang dari Jakarta menuju Banjarmasin, dan saya pun transfer uang melalui bank BRI sebesar itu,” katanya.

Ia menambahkan, setelah AP sampai Jakarta memang ia ada menghubungi saya. Namun beberapa jam kemudian AP menelpon saya kembali, dan meminta kembali uang sebesar Rp 1,5 juta dengan alasan kopernya tertukar di bandara Soekaro-Hatta Jakarta, dan uang itulah di gunakan untuk mengurus koper yang tertukar.

Permintaan AP untuk di kirimi uang kembali di turuti FD.

Setelah uang di kirim FD pun bersabar menunggu kabar dari AP karena mungkin masih mengurusi kopernya yang tertukar di bandara. AP sendiri menjanjikan datang ke Pelaihari untuk menikahi FD, maka dari itulah FD pun sedikit berbunga-bunga hatinya karena sang polisi muda dan ganteng ini akan menikahi dirinya.

FD melanjutkan, setelah uang kedua saya kirimkan, Hp AP di hubungi tidak kurang dari 20 kali tidak di angkat. Saya masih bersabar, barangkali urusan koper tertukar itu masih belum selesai.

Setelah berlalu satu hari, FD pun kembali mencoba menghubungi AP, namun apa yang terjadi nomor HP AP tidak aktif, bahkan dari pagi hingga sore hari nomor Hp FD tidak aktif sama sekali.

Perkenalan tidak semata hanya di facebook, komunikasi melalui video call juga dilakukan FD dan AP. Pada saat komunikasi melalui video call itulah FD mengenakan pakaian seragam Polisi dan wajahnya lumayan ganteng dan masih muda. Namun, ternyata gantengnya wajah dan gagahnya berseragam sang polisi ternyata menipu.

FD sendiri mengalami kerugian sebesar Rp 3 juta rupiah.

“saya sadar kalau saya tertipu dan melaporkan hal ini ke Polres Tala,” katanya.

Laporan FD ke unit Reskrim Polres Tala pada hari Senin (16/1) kemarin.

Kasat Reskrim Polres Tala AKP Ade Papa Rihi, Rabu (18/1) di konfirmasi membenarkan.

Lapaoran penipuan melalui facebook ini masih dilakukan penyelidikan, apakah nanti masuk dalan unsur penipuan saja atau ada kaitannya dengan ITE, kata Ade.

“kalau modus seperti ini memang sudah banyak, namun belum bisa memastikan apakah ia betul sebagai anggota polisi atau tidak, karena korban belum pernah bertemu, dan untuk kasus seperti ini sebelumnya juga pernah terjadi, namun kasus yang lain mengaku sebagai pelaut,”jelasnya.

Ade menambahkan, kemungkinan tidak mesti ia anggota polisi, bisa saja ia hanya menggunakan pakaian polisi demi untuk meyakinkan korbannya. Untuk itu di himbau kepada masyarakat untuk bisa memfilter kalau ada upaya yang sifatnya merayu atau bahkan minta kirimi uang, pendek kata gunakan akal logika sebagai orang yang terpelajar dan jangan bermain hati, dan terhadap laporan FD tetap di terima dan berupaya.

“jika memanh ada kaitanya dengan kejahatan ITE, kita koordinasi dengan Polda Kalsel yang punya unit khusus untuk cyber crime,”tutup Ade.baz

 

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook