PEMERINTAHAN

Alsintan APBN Telah Tiba

INFOTANAHLAUT.COM-Sebagai bentuk keseriusan Pemerintah Kabupaten Tanah Laut yang mendorong program Presiden RI Joko Widodo, khususnya memajukan sektor pertanian guna menuju swasemba pangan, kini telah hadir di kantor Dinas Tanaman Pangan, Holtikulutra dan Perkebunan Tala sejumlah alat mesin pertanian (Alsintan) yang bersumber dari APBN tahun anggaran 2017 di Kementerian Pertanian.
Peralatan pertanian tersebut adalah bantuan alat pasca panen yang bersumber dari APBN dan APBD provinsi Kalimanta Selatan, yakni mesin panen jagung (Corn Combine Harvester) sebanyak 3 unit yang di dukung fasilitas tambahan berupa 3 set tangga besi, 3 set kotak peralatan dan kanopi serta 3 set ayakan. Alat lainnya yakni alat panen padi (Combine Harvester) ukuran besar dan sedang sebanyak 11 unit yang di dukung fasilitas lainnya berupa 11 set tangga besi, 11 set kotak peralatan dan ayakan, 11 set Blower serta As roda dan Trailernya. Selain itu juga alat perontok padi sebanyak 6 unit dan alat perontok jagung (Corn Sheller) sebanyak 13 unit yang di dukung fasilitas lain berupa 26 buah terpal, 13 masker, 13 kacamata, dan 13 ear plug (Penutup Telinga).
Kepala dinas tanaman pangan, holtikultura dan perkebunan Tala Achmad Mustahdi, Kamis (30/3) mengatakan, dari semua peralatan pertanian tersebut diakui Kabupaten Tanah Laut paling banyak jumlahnya di bandingkan dengan kabupaten lain di Kalsel.
Sementara menyangkut distribusi alat, sesuai dengan petunjuk dari Pusat bahwa untuk penggunaan mesin panen padi yang berukuran besar haruslah ada Brigade di kabupaten atau peralatan pertanian atau kesatuan peralatan tersebut di kelola dinas, sehingga bagi kelompok tani yang ingin menggunakan alat haruslah melalui surat permohonan, terang Mustahdi.
Ia menjelaskan pula, beda dengan peralatan tani yang bersumber dari APBD, maka hal itu langsung di serahkan ke petani atau di hibahkan.
Pemerintah Kabupaten Tanah Laut terus berupaya mendorong petani lewat tehnologi pertanian guna meningkatkan produksi pangan, atau juga produksi jagung, dan di tahun depan di pastikan bantuan peralatan pertanian ini lebih banyak lagi.
Untuk mendorong swasembada pangan tambah Mustahdi, usulan ke Kementerian Pertanian cukup banyak, sebut saja mulai dari Alsintan, Infrastruktur jalan pertanian, pupuk dan benih, serta peningkatan SDM petani, dan secara komprhensif petani di Tala di dukung atau di lengkapi dengan tehnologi hingga sampai panen.
“jagung misalnya, produksi jagung di Kalsel sebanyak 198.000 ton, dimana 115.000 ton nya berasal dari jagung di Tala atau 60 persen, terlebih di Tala ada 2 buah pabrik pakan jagung yang besar,” ucapnya.baz

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook