PEMERINTAHAN

Alsintan Jangan Dikuasi Segelintir Orang

INFOTANAHLAUT.COM- Sebanyak 15 kelompok tani (Poktan) se Kecamatan Bati-Bati di berikan bantuan alsintan yakni Hand Tractor, Power Treasher, Corn Seller, alat tanam jagung, Cultivator dan pompa air.

Untuk Desa Benua Raya ada 4 poktan yakni Suka Makmur, Suka Maju 2, Mupakat, dan Kerja Bersama. Pada Desa Ujung poktan Al Hijrah dan Al Barokah. Desa Nusa Indah poktan Bunga Padi. Desa Bentok Darat poktan Harapan Sehat dan Karya Baru. Desa Banyu Irang poktan Manuntung, Mandrih Bersama, Karya Bersama, Karya Usaha. Desa Liang Anggang poktan Karya Bersama dan di Desa Bentok Kampung poktan Brasau, dan penyerahan dilakukan bupati Tala Bambang Alamsyah di balai Desa Bentok Darat Jum’at (8/12) kemarin.

Peningkatan produksi di sektor pertanian, menjadi fokus perhatian Pemkab Tanah Laut, dan untuk menopang target peningkatan produksi pangan, Pemkab Tanah Laut mendistribusikan atau bantuan Alsintan ke Kecamatan Bati-Bati.

Alsintan tersebut sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan hasil pertanian dan mewujudkan swasembada pangan melalui pemutakhiran alat-alat pertanian.

Bupati mengatakan, alat-alat pertanian yang lebih modern di harapkan masyarakat jadi lebih mudah dalam bertani sehingga pada akhirnya akan meningkatkan hasil pertanian dan mensejahterakan para petani. Bantuan yang di berikan juga salah satunya di dapatkan karena Tala di anggap berhasil dan peduli terhadap penanggulangan bencana daerah,  oleh karenanya di bantu melalui pemberian alat pertanian ini.

“Kepada para penyuluh, terima kasih atas dukungan dan kerja kerasnya dalam usaha meningkatkan kualitas dan kuantitas di bidang pertanian. Salah satu apresiasinya tentu dengan memberikan hadiah kepada  para penyuluh berprestasi, dan hadiah sebagai pemicu untuk terus bersemangat dalam membantu para petani di Kabupaten Tanah Laut,”ucap bupati.

Di serahkan pula hadiah untuk petani, Kelompok Tani,  Kelompok Wanita Tani,  Gapoktan,  penyuluh PNS,  Penyuluh Swadaya,  penyuluh THL-TBPP dan BP3K berprestasi tahun 2017 pada tingkat Kabupaten Tanah Laut.

Mereka yakni, kategori kelompok wanita Tani Berprestasi Pandang Berseri Desa Padang terbaik III dengan uang pembinaan sebesar Rp 3,4 juta. Kemudian katergori Gapoktan Mekar Sari Desa Benua Raya terbaik II dengan uang pembinaan Rp 4,2 juta. Kategori penyuluh PNS berprestasi atas nama Sosiawan.SP dari Desa Bentok Darat terbaik III dengan uang pembinaan Rp 2,8 juta. Kategori penyuluh Swadaya Berprestasi atas nama Syahruni dari Desa Nusa Indah terbaik II dengan uang pembinaan Rp 3,8 juta dan kategori Penyuluh THL-TBPP Berprestasi dari Desa Liang Anggang terbaik I dengan uang pembinaan Rp 4,7 juta.

Kepala Dinas Pertania, Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Tala Ahmad Mustahdi, Senin (11/12) menjelaskan, adanya bantuan hibah alsintan ini tidak ingin ada mendengar lagi kalau alsintan di kuasai oleh segelintir orang tertentu.

“tentu ada kesepakatan dalam rangka perawatan alsintan, dan menyangkut kerusakan serta perawatan di serahkan sepenuhnya kepada poktan, karena di situ ada biaya sewa alat, dan dana operasional dari sewa itulah nantinya di kelola oleh poktan,” jelasnya.

Lebih lanjut Mustahdi mengatakan, dinas hanya mengevaluasi terhadap keberadaan alat yang rusak berat untuk di ganti yang baru, namun itupun atas usulan poktan.

Sementara itu pula, Dinas Pertanian Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Tala juga menyerahkan bantuan 330 batang bibit durian kepada Yayasan Ma’arif NU cabang Kintap di Desa Bukit Mulya Kecamatan Kintap belum lama tadi, yang sekaligus melaksanakan peringatan Mauld Nabi Besar Muhammad SAW.

“harapan kedepan di wilayah Kecamatan Kintap ini menjadi sentranya buah durian yang di kelola oleh Yayasan Ma’arif tersebut,”kata Mustahdi.

Selama bulan Desember 2017 ini Dinas Pertanian Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Tala masih memiliki agenda penyerahan alsintan dan kegiatan penyuluhan. Sesuai jadwal yang telah di susun pada hari Selasa (12/11) temu lapang dan penyerahan alsintan di Kecamatan Pelaihari dan Takisung. Rabu (13/12) di Kecamatan Batu Ampar dan Jorong. Kamis (14/12) di Kecamatan Panyipatan dan Bajuin. Senin (18/12) di Kecamatan Tambang Ulang dan Kintap, serta pada hari Selasa (19/12) temu teknis penyuluh pertanian di gedung Sarantang Saruntung Pelaihari.Tung

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook