IPTEK

Apa itu Smart Home?

INFOTANAHLAUT.COM- Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi yang berjalan dinamis, maka hal ini banyak memberikan efek yang sangat signifikan terhadap bidang properti. Salah satunya adalah penerapan konsep Smart Home yang mengaplikasikan beragam teknologi dalam sistem rumah modern. Ini dimaksudkan agar rumah dan perlengkapan didalamnya mudah digunakan dan mampu meningkatkan kualitas hidup para penghuninya. Smart Home lebih mengedepankan konsep rumah berbasis aplikasi teknologi baik dalam hal otomatisasi peralatan maupun akses kontrol.

Untuk Lebih Jelasnya Apa Sih “Smart Home” itu?

Smart Home atau Rumah Pintar merupakan bagian dari inovasi Internet of Things, di mana semua benda atau perabotan sehari-hari yang akrab dengan kehidupan masyarakat ‘dipintarkan’ karena integrasi teknologi dalam bentuk chip serba bisanya. Dalam hal Smart Home, Internet of Things akan hadir dalam rupa barang-barang yang biasa ditemui di rumah orang kebanyakan.

Smart Home hadir untuk memudahkan para penghuni rumah dalam mengatur segala hal yang berhubungan dengan kenyamanan diri sebagai penghuni rumah, mulai dari soal keamanan hingga soal akses perabotan yang dibuat lebih interaktif dan bisa ‘dikontrol’ melalui satu alat saja, yakni aplikasi pada smartphone atau perangkat lainnya.

Apakah peralatan yang mampu bekerja secara otomatis juga termasuk konsep smarthome?

Benar, hal ini adalah satu satu konsep dasar dari pengembangan “smart home” yang tujuan akhirnya dalam memberikan kemudahan bagi penghuni rumah. Salah satu contoh konsep ini misalnya membuat sistem lampu teras (lampu luar) yang dapat diprogram menyala dan padam sesuai keinginan dengan menggunakan timer digital (konsep ini telah dikembangkan pada LPSE Kab.Tanah Laut, Dinas Kominfo Tanah Laut dan Dinas Pendidikan Kab.Tanah Laut), dengan konsep ini tidak diperlukan lagi personel untuk menyalakan dan memadamkan lampu dan akhirnya akan memberikan dampak secara tidak langsung pada penghematan sumber energi.

Jangan lupa ya simak terus info teknologi dari kami semoga dapat memberikan khasanah informasi bagi anda.

Supported by: pastitala.org

 

 

4
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook