PEMKAB TALA

Apa Yang Bisa Dijual Untuk Daya Tarik Investor

INFOTANAHLAUT.COM-Kabupaten Tanah Laut terus menggeliat membangun daerah dari berbagai sektor, namun semua itu juga harus di topang oleh iklim investasi dari peran serta investor yang nerinvestasi di daerah. Sejalan dengan itu, Selasa (19/11) di aula Pencerahan kantir Bappeda Tala, yang di motori oleh Dinas Penanaman Modal, dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Tala menyelenggarakan sosialisasi pengelolaan pelayanan modal yang terintegrasi dalam rangka meningkatkan iklim investasi di Tala.
Sosialisasi di buka bupati Tala H. Sukamta. Dalam sambutannya Sukamta mengatakan, saat sekarang dana Rp 1 milyar untuk 1 Kecamatan dengan harapan agar tiap tahun di kecamatan membuat even. Hal ini sebagai bentuk pergerakan ekonomi di desa.
“APBD Tala kedepan makin berat, yang mau jadi bupati harus berfikir dari sekarang, untuk mengejar pertumbuhan tidak cukup dengan APBD saja,”papar Sukamta.
Sukamta juga menekankan permudah ijin untuk pengembangan investasi. Bahkan presiden Jokowi pernah bilang bila investor mau masuk kabupaten bila perlu tutup mata tanda tangani ijin. Soal perijinan bupati menjaminnya, biar IMB blm terbit, biar di katakan bupati kada belampu kada masalah yang penting untuk rakyat. Karena perintah presiden investasi di kabupaten jangan di persulit.
Sukamta juga tekankan SKPD jangan persulit perijinan, terlebih pembangunan ibukota di Penajam Kaltim, maka Tala sebagai penopangnya.
Sementara itu nara sumber dalam sosialisasi ini Dr, Suko Widodo.MA yang juga rektor Unair Surabaya dan mengajar bidang ekonomi politik, dan bertindak sebagai moderator Joko Wuriyanto kadis DPMPTSP Tala.
Usai menyampaikan materinya, Suko Widodo dalam keterangan persnya mengatakan, Kabupaten Tanah Laut ini sangat luar biasa, tinggal bagaimana mencari ciri khas atau brand sebuah produk.
“Sebagai daerah yang di kelilingi perairan maka yang paling cocok adalah produksi perikanan, seperti perikanan dalam kemasan kaleng,”paparnya.
Menarik dan merawat investasi, seperti materi yang di sampaikan adalah bagaimana pemerintah daerah menawarkan brand daerah, maka di butuhkan komitmen dari jajaran Pemerintah Daerah, dan benar apa yang di katakan bupati tadi salah satunya perijinan yang di permudah.
Sementara itu ketua komisi 1 DPRD Tala Abdullah mengutarakan, dewan pada prinsipnya sangat mendukung dalam hal pengembangan investasi di Kabupaten Tanah Laut.
Dalam kegiatan selanjutnya di isi dengan tanya jawab nara sumber dan peserta.
Memang sudah selayaknya daerah menampilkan apa-apa saja yang bisa di jual ke investor, sehingga pada akhirnya akan bisa menggerakan perekonomian masyarakat dan kesejahteraan masyarakat.
Pada sosialisasi di hadiri pula tokoh masyarakat, ketua komisi 1 DPRD Tala Abdullah, Apindo, perbankan, dan SKPD.Tung

1
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook