PENDIDIKAN

Apa Yang Dimakan Dan Berapa Banyak Harus Jujur Dibayar

INFOTANAHLAUT.COM-Pada Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) SMP Negeri 2 Pelaihari, kini para siswa dan siswinya di uji soal kejujuran, pasalnya di sekolah mereka kini melalui program dari Kejaksaan Negeri Pelaihari membuka program dengan nama “Kantin Kejujuran”. Rabu (6/3/2019) oleh Kajari Tala Sri Tatmala Wahanani, SH dengan memotong pita maka secara resmi membuka kantin kejujuran di UPTD SMP Negeri 2 Pelaihari. Pada peresmian kantin kejujuran juga di hadiri kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tala Abdillah beserta jajaranya, serta para kepala sekolah tingkat SMP lainnya, karena pada hari itu juga sekaligus dilakukan Musyawarak Kerja Kepala Sekolah (MKKS) tahun 2019.
Usai meresmikan, baik Kajari maupun kadisdikbud serta yang lainnya termasuk siswa dan siswi UPTD SMP Negeri 2 Pelaihari belanja aneka makanan ringan sampai nasi bungkus yang ada di sediakan dalam kantin.
Bagi siapa saja yang telah menikmati makanan di kantin, maka menulis sendiri di sebuah buku yang telah di siapkan. Apa-apa saja yang telah di makan atau di bawa maka harga yang tertera di sejumlah makanan ringan maupun nasi bungkus di bayar sesuai jumlah totalnya. Uangnya, di masukan ke dalam sebuah toples plastik, dan jika ada kembalian maka di ambil sendiri berapa jumlah uang kembaliannya.
Kajari Tala Sri Tatmala Wahani, SH mengatakan, kantin kejujuran sebenarnya satu paket jengan program Jaksa Masuk Sekolah (JMS). Tujuannya jelas untuk mendidik siswa dan siswi sekolah supaya terbentuk karakter maupun di didik untuk berperilaku jujur.
“Ketika perilaku jujur sudah di tanamkan sejak usia dini, maka kedepannya tidak mempunyai jiwa korupsi, dengan kata lain untuk mencegah adanya tindak pidana korupsi pada jangka panjangnya,”kata Kajari.
Kajari menambahkan, di wacanakan juga kepada siswa di tingkat SMA, dan di tingkat siswa SMP adalah tahap pertama.
Sementara itu kadisdikbud Tala Abdillah mengapresiasi terhadap program kantin kejujuran tersebut.
“Ini hal yang luar biasa dalam rangka pengembangan pendidikan karakter, karena kejujuran adalah hal yang menjadi sangat fundamental bagi semua. Berharap, kepada siswa sekolah juga menerapkan kejujuran di lingkungan tempat tinggalnya dan bukan hanya saat di sekolah. Secara bertahap Disdikbud juga berkeinginan agar sekolah-sekolah yang lainnya dapat melaksanakan program kantin kejujuran,”ungkap Abdillah.
Melengkapi peresmian kantin kejujuran, Kejaksaan Negeri Pelaihari selanjutnya memberikan sosialisasi hukum melalui program JMS.
Penyampaian di JMS juga langsung oleh Kajari Tala kepada siswa dan siswi UPTD SMP Negeri 2 Pelaihari, di dampingi kepala seksi (Kasi) Intelijen Kejaksaan Negeri Pelaihari Toni Yuswanto,SH.Tung

3
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook