PUBLIK

Aparat Penegak Perda Jalani Tes Urine

INFOTANAHLAUT.COM-Badan Nasional Narkotika Kabupaten (BNNK) Kabupaten Tanah Laut, Jum’at (21/12/208) kemarin melakukan tes urine bagi aparat penegak Peraturam Daerah (Perda) Satpol PP dan Damkar Tala. Tes urine dilakukan selepas senam pagi.
Satu persatu personil Sat Pol PP dan Damkar laki-laki dan perempuan saling memegang gelas plastik untuk di isi dengan air urinenya Saat menuju toliet pun mendapat pengawalan dari petugas BNNK, untuk selanjutnya air urine dilakukan pengujian dengan alat Multi Drug Screen Test. Alat tersebut dapat membaca 6 parameter hasil uji yaitu sabu, ekstasi, morfin, kokain, ganja dan obat-obat keras lain yang mengandung diazepin atau obat diazepam.
Tes urine dilakukan kepada 145 orang personil Sat Pol PP dan Damkar.
Kasi pembinaan dan pengawasan Sat Pol PP dan Damkar Masani mengungkapkan, sesuai permintaan kepada pihak BNNK maka pengajuan untuk di tes urine kepada 145 orang.
Pada saat tes tambah Masani, ada beberapa orang yang tidak dapat mengikuti tes urine karena adanya kegiatan atau tugas yang bersifat dadakan dan tidak berada di kantor, akan tetapi nanti akan di tes kembali. Tes urine sendiri biasanya dilakukan 1 kali setahun, bisa di awal tahun atau di akhir tahun.
“Dari hasil tes urine hasilnya memang ada yang positif 2 orang, akan tetapi setelah di konfirmasi ke yang bersangkutan ternyata dia habis mengkonsumsi obat batuk dan suplemen serta di minta memperlihatkan obat yang di konsumsinya,”papar Masani.
Tes urine dilakukan juga kepada pejabat eselon IV, hanya saja untuk eselon II dan III tidak di tes karena sudah di tes beberapa waktu lalu di Setda Tala.
Lantas bagaimana jika ada yang positif narkoba ?
Menurut Masani, jika ada yang positif narkoba, meminta kembali kepada BNNK untuk mencek kembali ke labkes di provinsi, setelah itu di internal melakukan rapat untuk di tindak lanjuti ke Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM serta inspektorat.Tung

3
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook