PEMERINTAHAN

APBNP Patok 9000 Hektar Tuk Kedelai

INFOTANAHLAUT.COM- Melalui Anggaran Pendapatan Belanja Negara Perubahan (APBNP) tahun 2017, menargetkan untuk Kalsel, khususnya Kabupaten Tanah Laut melakukan tanam kedelai seluas 9.000 hektar, dan target ini untuk turut mendukung program swasemada kedelai.

Sejalan itu, secara serentak se Indonesia di 20 provinsi, Jum’at (6/10), tepatnya di kawasan lahan di dekat res area gunung Kayangan dilakukan penanaman kedelai dari dinas pertanian, holtikulutra dan perkebunan Kalsel dan Kabupaten Tanah Laut, perwakilan dari Kementerian Pertanian, serta unsur terlibat lainnya.

Kepala dinas pertanian, holtikulutra dan perkebunan Tala Mustahdi usai penanaman kedelai mengatakan, khusus di Kalsel di pusatkan di Kabupaten Tanah Laut dan di targetkan 27.000 hektar, di antaranya 9.000 hektar untuk Kabupaten Tanah Laut.

“di sekitar kawasan gunung Kayangan sendiri pengembangan kedelai ada seluas 8 hektar, dan untuk kecamatan-kecamatan lain telah di alokasikan, termasuk kelompok-kelompok lain untuk kegiatan pengembangan kedelai untuk tahun 2017,” kata Mustahdi.

Di jelaskannya pula, prediksi kedelai yang di hasilkan dalam 1 hektar sebanyak 1,5 ton kedelai, dan kedelai yang di hasilkan sebagai selaian untuk bahan baku membuat tahu atau tempe juga di jadikan untuk benih untuk pengembangan di tahun berikutnya, dan ketersediaan lahan untuk kedelai sendiri tidak ada masalah di 10 kecamatan lainnya.

Di kesempatan tanam perdana kedelai tersebut selanjutnya juga dilakukan teleconference dengan Menteri Pertanian Amran Sulaiman yang di wakili Sekda Tala Syahrian Nurdin dan Kadistanbhorbun Tala Mustahdi.Tung

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook