BENCANA

Api Mulai Ancam Lahan Kosong

INFOTANAHLAUT. COM-Potensi terjadinya kebakaran lahan mulai mengancam, dan di prediksi masuknya musim kemarau pun sudah mulai terlihat tanda-tandanya. Secara pasti memang di Kabupaten Tanah Laut musim kemarau masih belum full, karena kadang masih di selingi turunya hujan.
Ancaman api atau yang biasa di sebut titik api (hot spot) ini pun sudah terlihat tanda-tandanya, di awal bulan Juni ini, Jum’at (1/6) sekitar pukul 18.30 wita, kebakaran terjadi di sebuah lahan kosong yang di tumbuhi rumput liar tepatnya di Desa Nusa Indah Rt 01/Rw 01 Kecamatan Bati-Bati.
Luas lahan yang terbakar sekitar 1 ha, dimana luas lahan secara keseluruhan seluas 10,5 ha, yang di ketahui lahan milik Herman Jaya yang berasal dari Jakarta.
Upaya pemadaman kebakaran lahan pun dilakukan oleh personil Danramil Bati-Bati, Polsek Bati-Bati dan masyarakat sekitar.
Kapolsek Bati-Bati AKP Matnur di konfirmasi membenarkan atas kebakaran lahan kosong tersebut.
Menurut Kapolsek Bati-Bati pula, kebakaran lahan tersebut dapat di atasi atau di padamkan berkat adanya kerjasama antara personil Polsek dan Danramil Bati-Bati serta masyarakat dan tidak ketingglan dari pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanah Laut yang memang di siagakan atau ngepos di Kecamatan Bati-Bati,serta dari unit pemadam Sat Pol PP dan Damkar Tala plus rekanan BPK gabungan lainnya yang saling berkerja sama dalam pemadaman kebakaran lahan tersebut,sehingga kobaran api dapat di kendalikan dan tidak meluas ke pemukiman penduduk,dan pemadaman api menggunakan peralatan seadanya seperti semprotan rumput sambil menunggu unit mobil pemadam tiba di lokasi.
Pemadaman kebakaran sendiri berlangsung selama kurang lebih 1 jam oleh unit Damkar.
Ancaman kebakaran pada lahan-lahan kosong suatu saat akan terjadi,masyarakat khususnya di wilayah Kecamatan Bati-Bati di minta untuk selalu waspada dan secepatnya berkoordinasi dengan Polsek maupun Danramil,sehingga deteksi dini ancaman api dapat termonitor dan segera dilakukan pencegahan awal,tutup Kapolsek Bati-Bati AKP Matnur.Tung

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook