BENCANA

Api Mulai Rambah Lahan Rawa

INFOTANAHLAUT.COM- Tidak ada hujan yang turun dalam beberapa hari ini membuat kebakaran di lahan tidur di Kabupaten Tanah Laut. Jum’at (13/07/2018) lahan rawa di Desa Pandahan Kecamatan Bati-Bati tepatnya di depan SDN Pandahan 2 terbakar sekitar pukul 17.00 wita.
Untuk mengantisipasi meluasnya api,maka beberapa unit pemadam kebakaran dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanah Laut yang di back up BPBD Kecamatan Bati-Bati-Bati,relawan Lapan,Emirat,Landu,066 Emergency RC Tala berikut masyarakat setempat turun ke lokasi.
Hendra,salah seorang anggota relawan Emergency RC Tala menuturkan,akibat kebakaran lahan ini suasana Desa Pandahan pun di selimuti asap hingga sampai ke jalan raya,sehingga cukup mengganggu arus lalu lintas jalan poros Banjarmasin-Pelaihari sempat terjadi kemacetan. Para pengemudi kendaraan rodan dua dan empat memelankan laju kendaraan karena pandangan karena terganggu oleh asap.
“Untungnya lokasi kebakaran lahan tersebut masih mudah di dapatkan air karena di lokasi lahan tersebut banyak terdapat bekas galian-galian,sehingga menampung air,”kata Hendra.
Kencangnya tiupan angin membuat kobaran api cukup besar,sehingga membuat lahan rawa pun terbakar di setiap penjuru,dan di perkirakan lebih dari 3 hektar lahan rawa tersebut terbakar.
Unit-unit pemadam tersebut pun saling berjibaku dari berbagai penjuru dengan menggunakan mesin pompa air portable guna memadamkan api. Pemadaman api juga dengan menggunakan peralatan pemadam api dari ranting pohon,beberapa di antaranya bahkan menggunakan ember atau pasukan ember.
Berkat kerjasama dan koordinasi dan kerja keras antar unit-unit pemadam, maka api pun dapat di padamkan agar tidak merembet kepemukiman warga yang berjarak kurang lebih 100 meter.Tung

2
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook