WISATA

Aset Dilepas, Diswisata Siapkan Destinasi Wisata Baru

INFOTANAHLAUT.COM- Aset perusahaan pertambangan PKB2B yakni PT. Jorong Barutama Gretsone (JBG) di wilayah Kecamatan Jorong yang bakal di lepas dan di serahkan ke Pemkab Tanah Laut, seiring dengan tutupnya operasional pertambangan batubara yang di perkirakan berakhir tahun 2018 mendatang, kini oleh Dinas Pariwisata Tanah Laut pun siap jemput bola terhadap aset tersebut, dan di wacanakan di jadikan destinasi wisata pantai baru, utamanya aset yang menyangkut kantin karyawan, gazebo serta pelabuhan yang berada di pesisir pantai sebagai tempat loadingnya batubara perusahaan tersebut.

Humas eksternal PT. JBG, Gede Widiarda beberapa waktu lalu di konfimasi mengatakan, memang sebelum pada akhirnya di lepas dan di serahkan ke Pemkab Tala terlebih dahulu dilakukan pengkajian oleh Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Universitas Lambung Mangkurat (Unlam) Banjarmasin terhadap kawasan yang bakal di serahkan itu.

“ada luasan kurang lebih 111 hektar yang nantinya di serahkan ke Pemkab, dan di sarankan kepada Pemkab untuk menggandeng pihak ketiga dalam mengelola aset seperti daerah pesisir atau lokasi pelabuhan loading batubara, kita khawatir Pemkab dalam hal ini dinas pariwisata selaku leading sektornya malah tidak akan fokus, karena pembinaan dan pengelolaan wisata lainnya juga masih dilakukan, dan akan sangat di sayangkan jika kelak malah tidak terfokus pengeloaan aset dari PT. JBG ini. Itulah ia perlu adanya pihak ke tiga sebagai mitra kerja dan bekerjasama dengan dinas terkait,” paparnya.

Ia menambahkan, pelepasan aset tidak bergerak ini tidak semata hanya pada pantai, namun ada hal lain yang saling menopang yakni adanya hutan pohoh Galam, sehingga benar-benar di butuhkan sebuah maintence yang juga harus melibatkan pihak ketiga.

Sementara itu kepala Dinas Pariwisata Tala Ahkmad Khairin, Jum’at (20/10) kemarin di konfirmasi mengatakan, memang aset PT. JBG ini nampaknya sudah mereka persiapkan sedemikian rupa, dan selanjutnya tinggal di lengkapi sarana yang ada di sana untuk di jadikan distinasi wisata pantai baru, kata Khairin.

“soal nanti apakah di kerjasamakan dengan pihak ketiga, hal itu masih di lakukan penjajakan,”kata Khairin pula.Tung

 

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook