PEMERINTAHAN

Aster Panglima TNI AD Cros Cek Lokasi TMMD Ke 99

INFOTANAHLAUT.COM- Asisten Teritorial (Aster) Panglima TNI AD Mayjen TNI Wiyarto.S.sos di dampingi Pabandya-2/Karbak TNI Spaban V/Bakti TNI Ster Mabes TNI Letkol Infanteri Indarmawan, Danrem 101 Antasari Kolonel Infanteri Hery Setya Kesdiantana,S.sos, Pasi Ter rem 101 Antasari Mayor Infanteri Imam Muhctarom,SH,MH, bupati Tala Bambang Alamsyah, wakil bupati Tala H.Sukamta, Dandim Kodim 1009 Pelaihari Letkol Infanteri Joseph DD Surbakti,SE beserta jajarnya, Kapolres Tala AKBP Sentot Adi Dharmawan, Camat Bati-Bati Hasjudinoor, Jum’at (28/7) sama-sama melakukan peninjauan ke Desa Sambangan di Kecamatan Bati-Bati sebagai lokasi kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang ke 99.
Aster Mayjen Wiyarto setibanya di Desa Sambangan langsung di sambut oleh kaum ibu-ibu yang tergabung dalam PKK desa yang saat itu tengah melakukan pelatihan pembuatan kain Sasirangan, dan moment tersebut di manfaatkan kaum ibu dan remaja putri di desa untuk berselfi bersama Aster TNI AD.
Kedatangan Aster pun di sambut bupati Tala Bambang Alamsyah dan wakil bupati Tala H.Sukamta, plus Dandim Kodim 1009 Pelaihari Letkol Infanteri Joseph DD Surbakti,SE, Kapolres Tala AKBP Sentot Adi Dharmawan.
Setelah sesaat rehat di balai Desa Sambangan, Aster Panglima TNI AD pun melakukan peninjauan ke lokasi rehab ruang belajar Taman Pendidikan Al Qur’an (TPA). Kondisinya sudah bagus, baik pada bagian dinding maupun meja-meja bagi siswa TPA, Aster TNI AD hanya memberikan masukan agar lantai belajar di pasang keramik, dan di lanjutkan mengamati MCK TPA.
Kunjungan Aster ini juga tidak ketinggalan meninjau jalan alternatif desa yang masuk dalam program TMMD dengan menggunakan sepeda motor dari jajaran Kodim 1009 Pelaihari.
Medan yang di lalui cukup berdebu, dan di kelilingi hamparan rawa-rawa serta kebun karet tidak menyurutkan peninjauan hingga sampai ke ujung jalan yang tengah di kerjakan.
Jalan yang masih dalam pengerjaan dan dalam kondisi pengerasan batu sepanjang 2, 6 km itu, pada awalnya kondisi jalan masih sempit dengan lebar 3 meter plus di tumbuhi rerumputan liar, namun kini kondisi jalan sudah melebar 4 meter, serta pada sisi kanan dan kiri jalan pada daerah rawa bersungai telah terpasang siring rapat dari kayu Galam. Sejumlah anggota TNI AD lainnya dan warga terlihat tengah bekerja memasang siring kayu Galam dan meratakan batu-batu di sisi kiri jalan.
Usai melihat kondisi jalan itu, Aster TNI AD melanjutkan peninjauan ke lokasi bedah rumah salah seorang warga yakni Samrah (60) di Rt 1/1.
Perempuan status janda dan lanjut usia ini hanya bisa tersenyum melihat kedatangan rombongan, dan Samrah sendiri ada sedikit gangguan pada indera pendengarannya.
Rumah Samrah sendiri sebelumnya di nilai kurang layak, sehingga melalui TMMD ke 99 ini tempat tinggalnya secara bergotong royong antara warga, TNI AD dan unsur lainnya membedah rumah Samrah agar layak huni dan bersih dan di berikan cat berwarna hijau muda.
Aster TNI AD pun melakukan pengamatan ke dalam rumah Samrah yang tinggal sedikit lagi rampung di kerjakan.
Di kesempatan itu, bupati Tala Bambang Alamsyah dan wakil bupati Tala H.Sukamta pun berada di lokasi bedah rumah Samrah.
Dalam keterangan persnya, Aster TNI AD mengatakan, TMMD itu dilaksanakan berdasarkan dan keinginan kebutuhan masyarakat, masyarakat sangat membutuhkan apa di wilayahnya, dan lapor ke bupati, untuk selanjutnya bupati menyiapkan anggaran, dan TNI, Polri serta masyarakat yang mengerjakan itu.
“sesuatu yang di miliki bangsa ini yakni gotong royong, hal itu di wujudkan di TMMD ini, di semangatkan lagi gotong royong, dan dengan anggaran yang ada bisa di minimalisir untuk bisa mengerjakan suatu pekerjaan yang cukup besar dan sulit, tapi dengan gotong royong itu bisa di seleaikan dengan baik, dan optimis target pengerjaan bisa tercapai, dan tidak terkendala oleh waktu, dan memang ada batasan dalam waktu 1 bulan, akan tetapi jika 1 bulan belum tercapai, maka tetap kerja terus,” beber Aster TNI AD Mayjen TNI Wiyarto.
Ia menambahkan, untuk finishing pekerjaan di tawarkan ke Pemkab Tanah Laut, apakah itu nanti tetap di lanjutkan dengan karya bakti bersma TNI dan masyarakat, atau mungkin dari yang professional, jadi tidak harus menunggu TMMD.
Rombongan Aster TNI AD pun beranjak melihat lebih dekat kondisi pekerjaan lain yakni rehab ringan masjid Raudhatul Mutaqim desa setempat. Masjid kebanggaan warga ini pun di buat tampil sebagus mungkin.
Hingga sampai masuknya waktu solat Jum’at rombongan Aster TNI AD bersama pejabat lainnya bersama warga setempat melakukan solat bersama, untuk selanjutnya usai solat Jum’at rombongan Aster TNI AD pun meninggalkan Desa Sambangan.
Sementara itu bupati Tanah Laut Bambang Alamsyah kepada Infotanahlaut.com mengatakan, semua dapat di lihat dengan jelas bahwa kerjasama antara TNI, Polri, Pemkab dan masyarakat untuk membangun infrastruktur di desa merupakan hal yang sangat penting karena kembali bagi masyarakat manfaanya.
“berharap dengan adanya gotong royong ini akan semakin meningkatkan semangat di dalam membangun daerah sendiri. Sementara adanya tawaran untuk finishing pekerjaan apakah itu oleh Pemkab, hal itu ada beberapa pilihan, seperti melihat pada kondisi jalan yang sangat strategis di Kecamatan Bati-Bati ini juga di tawarkan apakah melalui kegiatan TNI ataukah dari Pemkab yang menyelesaikan, semua masih bisa di bicarakan demi untuk masyarakat,” jelas bupati.
Di tempat yang sama, Hamdianor salah seorang warga Desa Sambangan yang sudah 34 tahun menetap di Desa Sambangan ini menuturkan bahwa warga di sini begitu senang dan merasa bersyukur masuknya program TMMD yang telah membawa perubahan di desa.
“semua sangat membantu seperti adanya bedah rumah, rehab masjid, rehab WC masjid, penyempurnaan jalan alternatif desa berikut siringnya, dan rehab TPA,” ucapnya.
Target sasaran TMMD ke 99 pada kegiata fisik berupa pengerasn dan pelebaran jalan sepanjang 2,6 km, pemasangan siring dari kayu Galam sepanjang 1.100 meter persegi, rehab masjid, rehab TK Al Qur’an, bedah rumah dan pembuatan MCK. Sementara pada target yang non fisik berupa penyuluhan kesehatan masyarakat, KB, pertanian, peternakan, penyuluhan narkoba, UU lalu lintas, bela negara, siskamling, pemutaran film perjuangan, penyuluhan Karhutla, rekruitmen TNI, mobil pintar, pembuatan kain Sasirangan, serta budi daya jamur, dan semua pengerjaan fisik sendiri saat ini sudah mencapi 95 persen. baz

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook