TOKOH

Atlet Nasional Itu, Kini Security Di PN

INFOTANAHLAUT.COM- Namanya telah membawa nama harum Indonesia di kancah olahraga di beberapa negara asia di era tahun 1970-an di bidang olahrga. Ya dia adalah Yacob Mursidi Wa as (70) pria kelahiran Pangkalanbun, Kalteng 6 Juni 1947, yang sekarang tinggal di Komplek Gagas Permai jalan Belibis nomor 134 Kecamatan Pelaihari.

Atlet pelari estafet yang sekarang bekerja sebagai security di kantor Pengadilan Negeri (PN) Pelaihari. Awalnya, Yacob adalah pemain sepak bola, namun ia banting stir lantaran saran dari rekan-rekannya.

Kamis, (2/11) Yacob bercerita masa ke emasannya di era tahun 1970-an sembari memperlihatkan foto bersama rekannya saat berada di negara Singapura dan Filipina.

Memilih cabang olahraga atletik 100 x 100 meter, di tahun 1975 saat di Singapura memperoleh medali emas saat ulang tahun Singapura, bersama teman yang lainnya yakni Jefri, M. Harinato, Leo Kapisa, ujarnya.

Yacob pun memperlihatkan foto di Filipina tahun 1974.

“Saat itu mendapat medali emas (Kejuaraan Asia), dan di tahun 1979 medali perak yang di dapat saat di Jakarta,” ungkapnya.

Basic olahragawan membuat Yacob pun kini di percaya melatih beberapa cabang olahrga seperti lempar lembing dan lompat jauh, serta lari estafet 4 x 400 meter putra.

Hasilnya cukup memuaskan, di cabang olahraga lempar lembing saat Poprov di Kabupaten Tabalong kemarin mampu meraih 2 medali emas dan 3 perunggu.

Dalam sejarah perjalanannya, Yacob bahkan mewakili Kalsel menuju Jakarta pada tahun 1979. Walau saat itu medali belum mampu ia bawa pulang. Catatan sejarah lainnya di tahun 1973 juga pernah ke Korea pada kejuaraan tingkat Asia serta di Jepang tahun 1979.

Kini Yacob yang telah memiliki 4 orang anak, dan 10 cucu dari perkawinannya dengan Nurlina istrinya, tetap bekerja sebagai seorang Security di kantor Pengadilan Negeri Pelaihari dan sudah selama 5 tahun lamanya sebagai security, dan sesekali menjadi abang ojek sambil kerja security di PN Pelaihari untuk sekedar memenuhi kebutuhan hidupnya.

Malang melintang pasca pensiun jadi atlet lari estafet sudah ia jalani. Pernah pula bekerja sebagai pekerja tambang batubara di wilayah Kecamatan Jorong.

Yacob sendiri memulai hidupnya di Kabupaten Tanah Laut sejak tahun 1985 sampai sekarang. Yacob juga pernah menjadi security di sebuah tempat hiburan permaian bilyar di kota Pelaihari.

“Tali asih dari Pemkab Tala era bupati Drs. H. Adriansyah pernah di dapat sebesar Rp 2,5 juta,”ungkapnya.

Sementara itu Kabid Pemuda dan Olahraga pada Dinas Pemuda dan Olahrga (Dispora) Tala Rudi Imtihansyah mengatakan, Dispora pernah memberikan penghargaan untuk insan olahraga di tahun 2015 lalu pada peringatan ulang tahun emas Kabupaten Tanah Laut.

“Selanjutnya untuk kembali melakukan hal demikian, masih menunggu petunjuk dari Kementerian Pemuda dan Olahraga terkait penghargaaan bagi atlet yang pernah mengharumkan nama Indonesia di tingkat dunia dan nasional,” ungkap Rudi.Tung

 

1
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook