RELIGI

Awalnya Takut, Tapi Tambah Ilmu

INFOTANAHLAUT.COM-Di motori oleh DPC KNPI Kabupaten Tanah Laut, Senin (4/9) di mesjid Al Manar Pelaihari memberikan pelatihan kepada segenap Organisasi Kepemudaan lainnya serta kalangan pelajar tingkat SLTP dan SLTA, melaksanakan kegiatan pelatihan bagaimana cara memandikan seorang jenazah sesuai dengan ketentuan agama islam.
Dalam pelatihan tersebut, DPC KNPI Tala mengandeng pihak Kementerian Agama Tala dalam hal memberikan materi, baik teori maupun praktek dengan menggunakan boneka berbentuk manusia.
Ketua DPC KNPI Tala Syahruji Padhilah mengatakan, dengan melihat kondisi sekarang tenaga untuk memandikan jenazah sudah banyak kaum tua, sehingga lewat generasi muda ini akan menjadi tenaga penerus dalam hal yang memang sangat di butuhkan ketika orang itu meninggal dan butuh di mandikan.
“setidaknya di lingkungan sekitar bagi peserta ini bisa mengetahui bahkan bertindak langsung sebagai orang yang bisa memandikan jenazah berkat pelatihan yang di ikutinya,” terang Syahruji.
Para peserta dengan tekun menyimak teori demi teori yang di sampaikan pihak Kemenag Tala. Mereka juga memperhatikan dengan seksama gerakan demi gerakan yang harus di haruskan dalam memandikan jenazah dengan cara agama islam. Sebelum memandikan jenazah, peserta juga di wajibkan mengetahui keperluan apa saja dalam hal memandikan jenazah tersebut, seperti kapur barus, kapas, kain kafan, sabun dan lainnya termasuk dalam penggunaan air yang bercampur kapur barus atau air murni.
Salah seorang peserta pelatihan siswi MAN Aliyah 1 Pelaihari Nida Lutfina usai pelatihan menuturkan, ini memang hal baru bagi kami, dan memang awalnya takut, apalagi melihat sosok boneka yang besanta sama dengan ukuran manusia, namun ternyata kami mendapatkan ilmu pengetahuan.
“memang kadang di jaman sekarang banyak orang yang tinggal beri upah untuk memandikan jenazah, dan bagi kami kelak hal itu akan membawa manfaat sendiri, mulai dari persiapan untuk memandikan, proses memandikan, hingga sampai ke proses penguburannya, dan untuk mencoba mempraktekan di rumah sharing terlebih dahulu dengan orang tua, termasuk di sekolah bersama teman-teman,” ungkapnya.baz

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook