IPTEK

Awas ada vampir listrik di rumahmu dan kantormu

INFOTANAHLAUT.COM- Tanpa kita sadari ternyata ada banyak sekali ‘vampir listrik’ di sekeliling tempat tinggal dan kerja kita. Istilah Vampir listrik adalah alat-alat elektronik yang masih menghisap energi walau sudah dimatikan atau posisi standby power. Vampir listrik membuat kita boros energi, tagihan listrik menjadi mahal.

Contoh vampir listrik di rumah/ dikantor misalnya lampu di kamar mandi yang terus menyala meski siang hari, juga peralatan elektronik yang kerap dibiarkan terus dalam keadaan standby seperti Air Conditioner (AC), televisi, modem internet, dan charger handphone.

Vampir listrik muncul karena kebiasaan-kebiasaan sederhana. Seperti setelah mengisi baterai handphone, banyak orang yang tidak mencabut charger, hanya mencabut handphone-nya. Padahal, charger yang tak dicabut memakan listrik 1 W/jam, jika dikalikan 24 jam dalam sehari dan berlangsung selama satu bulan maka akan menjadi nilai ekonomis yang lumayan terbuang dan sia-sia.

Selain itu, kebiasaan menyalakan AC pada suhu yang sangat dingin, misalnya 16 derajat Celcius, juga membuat listrik jadi boros karena otomatis kompresor akan terus bekerja tanpa ada stanby penyesuaian termostart suhu ruangan, selain itu setiap penurunan 1 derajat Celcius, konsumsi listrik AC akan bertambah 6%.

Untuk mengusir vampir energi dari rumah, caranya cukup gampang yaitu dengan mengubah kebiasaan-kebiasaan kita dalam memboroskan energi.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
1
100%
angry

Komentar Facebook