SOSIAL

Ayo, Manfaatkan Fasilitas Lengkap PMI

INFOTANAHLAUT.COM-Selain sebagai salah satu cara menjaga kesehatan reproduksi darah,aktifitas donor darah juga menjadi alternatif beramal kepada sesama.
Palang Merah Indonesia (PMI) cabang Tanah Laut dengan fasilitas gedung dan peralatannya yang baru,semakin siap dalam mengakomodasi masyarakat yang ingin mendonorkan darah maupun yang membutuhkan transfusi darah.
Per tanggal 28 Januari 2020,stok darah di PMI Tanah Laut ada 52 kantong terdiri dari golongan A 13 kantong,golongn B 10 kantong,golongan O 22 kantong,dan golongan AB 7 kantong.
Selain PMI Tanah Laut, RSUD Hadji Boejasin kini juga memiliki Bank Blood (tempat penyimpanan kantong darah).
Kepala Pelaksana Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Tanah Laut Ahmad Zahid, Rabu (29/1) menyebutkan,menilai keterlibatan masyarakat Tanah Laut dalam kegiatan donor darah sudah cukup baik. Stok darah sementara di Tanah Laut pun masih di nilai aman.
“Antusiasme masyarakat Tala dalam mendonorkan darah sudah bagus,berharap kedepan bisa lebih meningkat lagi dengan mengunjungi langsung kantor PMI Tanah Laut atau mendonorkan darahnya pada tim, baik dalam acara-acara tertentu”,ungkap Zahid.
Sementara itu Koordinator Donor Darah PMI Tala Padlianor menerangkan,terkait masih adanya paradigma di masyarakat tentang biaya dalam pengambilan darah. Masyarakat perlu memahami bahwa PMI tidak memperjual belikan darah.
“Masih ada yang beranggapan bahwa PMI memungut biaya untuk pengambilan darah. Itu tidak benar karena darah tidak di perjual belikan. Adapun bila ada biaya yang di minta petugas,itu biaya keseluruhan pengganti pengolahan darah di antaranya biaya kantung darah dan biaya pemeriksaan potensi penyakit yang ada pada darah,”ungkapnya.
Padli menambahkan,biaya yang di keluarkan masyarakat adalah bagi yang berstatus mandiri tanpa jaminan,bagi masyarakat yang memakai jaminan seperti BPJS,Jamkesda dan Jamkesmas,tidak di pungut biaya apapun dalam pengambilan darah.
“Menghimbau kepada masyarakat untuk rutin per 3 bulan sekali mendonorkan darah. Selain untuk menjaga kesehatan,juga beramal dengan membantu saudara-saudara yang membutuhkan darah”,tutupnya.(Diskominfo/Tung)

2
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook