Baju Ala Raja Banjar Disidang Paripurna DPRD Laporan Hari Jadi – infotanahlaut.com
PEMKAB TALA

Baju Ala Raja Banjar Disidang Paripurna DPRD Laporan Hari Jadi

INFOTANAHLAUT.COM-Sidang paripurna DPRD Tala menyonsong hari jadi Tala ke 53, Minggu (2/12/2018) gedung DPRD Tala di warnai dengan baju khas raja Banjar yang di kenakan 35 orang anggota DPRD Tala berikut bupati Tala H.Sukamta.
Rapat paripurna di pimpin oleh Ketua DPRD Tala Haryanto.
Bupati Tala Sukamta pun dalam kesempatan tersebut menyampaikan beberapa laporan tentang kemajuan penyelenggaraan pembangunan di Kabupaten Tala.
Dari sisi pendapatan daerah, yang terdiri dari Pendapatan Asli Daerah (PAD), Dana Perimbangan dan pendapatan sah lainnya, yang secara umum mengalami trend positif. Menurut data per bulan Oktober 2018 realisasi pendapatan Tala mencapai Rp 1,22 Triliyun dengan PAD mencapai Rp 103 Milyar. Terkait pengelolaan keuangan telah mendapaykan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) selama 5 tahun berturut-turut sejak tahun 2013 hingga 2018. Selain itu juga mendapatkan piagam penghargaan dari Kantwil Dirjen Perbendaharaan Negara Provinsi Kalsel atas opini LKPD Tahun 2017.
Di perencanaan pembangunan, Kabupaten Tala pada tahun 2017 juga mendapat penghargaan terbaik ketiga perencanaan pembangunan daerah tingkat Provinsi Kalsel. Penghargaan tersebut di dapat karena di nilai memiliki dokumen rencana pembangunan dengan sangat baik.
Pada bidang kemiskinan, dari data Tim Nasional Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) menunjukkan bahwa Kabupaten Tala berada jauh di bawah garis kemiskinan nasional yaitu 10,12 persen dan garis kemiskinan Provinsi Kalsel yaitu 4,7 persen. Angka kemiskinan Kabupaten Tala sendiri adalah 4,60 persen, dan berada di posisi ke 6 terendah dari 13 kabupaten/kota se Kalsel.
Untuk fasilitas kesehatan, dari 19 buah Puskesmas, ada 70 persen yang sudah terakreditasi secara nasional. Tingkat kesadaran masyarakat akan nilai perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) meningkat. Itu terlihat dari membaiknya indikator kesehatan seperti turunnya angka kematian ibu per 100.000 kelahiran. Tanah Laut juga berhasil melakukan penerapan kawasan tanpa rokok dengan mendapatkan penghargaan Pastika Parahita Kategori Menteri Kesehatan RI. Capaian indikator-indikator kesehatan tersebut menjadikan angka harapan hidup di Kabupaten Tala meningkat dari tahun 2017 yaitu 68,76 persen, sekarang 68,89 persen.
Pada tahun 2018 ini Kabupaten Tala juga mendapat penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) Tingkat Nasional dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Hal ini di karenakan Tala di nilai memiliki perhatian dan dedikasi untuk anak-anak.
Pada bidang pendidikan, untuk lebih memotivasi siswa berprestasi dan layanan wajib sekolah bagi anak usia 7 sampai 15 tahun memberikan layanan pendidikan gratis dan bantuan fasilitas sekolah bagi anak yang berasal dari keluarga tidak mampu. Pembangunan infrastruktur di bidang pendidikan pun juga terus dilakukan untuk menggenjot prestasi pendidikan yang lebih baik. Beberapa capaian di bidang pendidikan di antaranya, harapan lama sekolah yang pada tahun 2016 11,5 tahun. Pada tahun 2017 mengalami kenaikan menjadi 11,82 tahun. Angka rata-rata lama sekolah pada tahun 2017 juga mengalami kenaikan, sebelumnya pada tahun 2016 ada di angka 7,3 tahun, sekarang naik menjadi 7,37 tahun.
Bupati Tala juga menyampaikan beberapa penghargaan yang berhasil di dapat pada tahun 2018 di antaranya, terbaik kedua tingkat nasional sebagai Pemerintah Daerah Luar Pulau Jawa yang mendukung Program Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, terbaik pertama mantri tani tingkat Provinsi Kalsel oleh Suradi, terbaik ketiga kelompok ekonomi petani tingkat Provinsi Kalsel oleh Kelompok Mekar Sari Kelurahan Karang Taruna, Terbaik ketiga petani berprestasi dari Sarjana Desa tingkat Provinsi Kalsel, juara harapan satu kelompok tani Desa Mandiri benih tingkat nasional atas nama Poktan Maju Bersama Desa Tambak Sarinah Kecamatan Kurau.
Selain itu juga mendapat peringkat ketiga penerima penghargaan sebagai Pemda dengan kinerja terbaik dalam implementasi SIKP Provinsi Kalsel dari Kanwil Dirjen Perbendaharaan Negara Provinsi Kalsel dan mendapat sertifikasi dari Lembaga Akreditasi Lembaga Pelatihan Kerja untuk Balai Latihan Kerja (BLK) Pelaihari, serta penghargaan lainnya.
Di kesempatan tersebut bupati Tala berpesan agar semua pihak bersama-sama membulatkan tekad dan semangat untuk membangun masa depan Bumi Tuntung Pandang.
“Mantapkan niat bulatkan tekad segeralah berbuat mulai sekarang demi kesejahteraan rakyat” tutup bupati.
Turut berhadir Sekretaris Daerah Tala Syahrian Nurdin, jajaran SOPD, pimpinan Parpol se Tala, tokoh pendiri Tala, tokoh masyarakat dan pemuda Tala.Tung

2
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook