PEMKAB TALA

Bakal Ada Diumumkan Camat Terbaik Dan Terjelek

INFOTANAHLAUT.COM- Terobosan baru bakal di luncurkan bagian Organisasi Sekretariat Daerah (Setda) Tala, yakni E Rapot. E Rapot sementara dalam jangka pendek hanya di fokuskan ke kantor kecamatan-kecamatan, namun pada akhirnya akan merembet ke semua SKPD. Yang muncul dalam program E Rapot tersebut juga pada akhirnya akan di umumkan secara terbuka oleh bupati Tala lewat apel gabungan Aparatur Sipil Negara (ASN) tentang siapa Camat yang terbaik dan Camat terjelek.
Kepala bagian organisasi Setda Tala Tajuddin Noor Effendi, Selasa (5/3/2019) mengatakan, dalam menentukan atau menyusun E Rapot di tingkat kantor kecamatan-kecamatan sudah tentu ada indakator yang di ukur seperti perencanaan, pelaksanaan, pelampiran, dan evaluasi yang harus mereka laksanakan.
“Sejauh mana mereka melaksanakan tersebut, dalam hal perencaanan misalnya apakah kecamatan sudah menbuat Renstra (rencana strategis) sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). Kemudian apa DPA sesuai Renja (rencana kerja). Dalam pelaksanaan seperti apa. Membuat kerangka acuan kerja, dalam pelaksanaan apakah sudah melaksanakan pembinaan, rakor di tingkat Muspika dengan desa, selama ini mungkin itu jalan namun tidak ada penilaian,”jelas Tajuddin.
Ia menambahkan, dalam setiap 6 bulan sekali di umumkan camat terbaik 1,2 dan 3, begitu pula Camata terjelek 1,2 dan 3. Semua jelas bertujuan untuk memberikan motivasi agar kekurangan bisa segera di perbaiki.
Setelah E Rapot fokus ke kantor-kantor kecamatan, baru bergesar ke SKPD. Mengarah ke SKPD sendiri yang menjadi indikatornya adalah sisi kepemimpinan.
Menurut Tajuddin pula, hal tersebut bisa saja untuk di promosikan, bisa juga di turunkan kalau tidak berhasil. Penilaian kemampuan pengembangan karir pegawai dapat di lihat nantinya. Istilahnya sama dengan memberikan rapot layaknya siswa sekolah. Sementara ada keterkaitan pula dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) yang melakukan evaluasi terhadap aplikasi semua di SKPD, dimana dasarnya adalah Permenpan nomor 5 tahun 2018 tentang pedoman evaluasi sistem pemerintahan berbasis elektronik.
Terhadap program E Rapot sendiri sudah 3 kali di adakan rapat dan terhadap indikator yang di sampaikan pun sudah sepakat. Namun untuk penilaian secara manual akan di mulai pada bulan Mei dan Juni 2019, dengan menyisipkan aplikasi E Rapot agar pemberian penialain lebih objektif.
Lebih lanjut Tajuddin menambahkan, juga nantinya di umumkan SKPD terbaik 1,2 dan 3 serta SKPD terjelek 1,2 dan 3.
“Berharap dalam setiap tahun harus ada inovasi dari SKPD, karena sekarang tengah di siapkan Tim IT yang memback up inovasi tersebut, bagaimana memberikan pelayanan terbaik dan tercepat serta ramah kepada masyarakat. Terkait koordinasi E Rapot ke kantor kecamatan sendiri di pegang bagian Tata Pemerintahan (Tapem), dan untuk E Rapot SKPD di pegang oleh Bappeda, dan untuk aplikasinya yang terkait E Goverment berada Diskominfo,”tutup Tajuddin.Tung

2
50%
like
2
50%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook