SENI & OLAHRAGA

Balogo Semarakkan Desa Sumber Makmur

INFOTANAHLAUT.COM- Permainan tradisional khas Banjar dengan menggunakan alat dari batang pohon bambu sebagai pemukulnya, dan sebuah benda berbentuk perisai yang terbuat dari kayu biasa, atau ada yang membuatnya dari jenis kayu Ulin, kesemua itu lebih biasa di sebut permainan Balogo.
Trend permainan khas budaya Banjar ini memang di tahun 2017 lalu mulai ramai di gelar di kota Pelaihari, bahkan permainan ini sudah merambah ke desa-desa. Sebagai ciri khas di gelarnya permaian Balogo, sudah pasti di sebuah jalan atau gang suatu pemukiman yang memiliki dataran atau aspal terdapat gambar segi empat yang memanjang bisa sejauh 10 sampai 15 meter, karena biasanya permainan ini melibatkan 10 orang pemain.
Permainan Balogo ini pun menjadi sebuah permainan yang di kompetisikan, salah satunya di Desa Sumber Makmur Kecamatan Takisung, oleh bupati Tanah Laut H.Bambang Alamsyah membuka kompetisi Balogo yang di tandai dengan pemukulan logo pertama, Sabtu malam (10/2) tadi.
Kepala Desa Sumber Makmur Sukarjo di dampingi Camat Takisung Adi Wibowo mengatakan, ada 41 tim balogo yang mengikuti turnamen ini dan dilaksanakan selama 20 hari. Para peserta tidak hanya dari Desa Sumber Makmur, namun juga ada yang berasal dari luar desa.
Bupati Tala mengingatkan dan berpesan kepada para peserta agar menjunjung tinggi sportivitas selama kompetisi berlangsung.
“permainan ini dapat menjadi lomba, dan permainan Balogo memang sangat di gemari di Kalimantan Selatan khususnya di Kabupaten Tanah Laut,” kata Bambang.Tung

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook