PUBLIK

Baru Penangkaran, Sudah Hasilkan 11,7 Ton

INFOTANAHLAUT.COM-Sebuah penangkaran atau pembibitan tanaman bawang merah di Desa Pemuda Kecamatan Pelaihari seluas 1 hektar yang di kelola oleh kelompok tani Usaha Mandiri, telah mampu menghasilkan bawang merah sebanyak 11,7 ton.
Selama kurang lebih 60 hari lewat sejak penangkaran bawang merah ini dilakukan dan di garap oleh Poktan Usaha Mandiri, Sabtu (22/4) pekan tadi hasil panen bawang merah di panen bersama bupati Tala Bambang Alamsyah, serta di saksikan dari dinas tanaman pangan, holtikultura provinsi Kalsel dan Tanah Laut, Ketua DPRD Tala Ahmaday Yani.
Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Tala Mustahdi di hadapan warga dan petani setempat mengatakan, setelah melihat hasil yang telah di capai ini, maka untuk masa tanam berikutnya tidak semata hanya berada di lahan seluas 1 hektar, namun di kembangkan menjadi 4 hektar lagi yang berada di beberapa kecamatan.
“tahun ini merupakan langkah awal dalam pengembangan bawang merah, dan panen ini yang pertama, dan untuk pengembangan serupa dilakukan di Desa Ujung Batu Kecamatan Pelaihari seluas 1 hektar, 1 hektar di Desa Sumber Makmur Kecamatan Takisung, dan Desa Kandangan Lama Kecamatan Panyipatan ada 2 hektar,” katanya.
Ia menambahkan, pada panen bawang ini selanjutnya khusus di gunakan untuk bibit, dan prospek bawang merah di Tanah Laut cukup menjanjikan, karena bisa mencapai 11,7 ton sudah di atas rata-rata nasional, dan karena bawang merah lah sebagai salah satu pemicu inflasi, dapat di contohkan pada saat mendekati lebaran maka bawanglah yang mencari incaran kaum ibu-ibu, maka dari itulah di tahun inilah berharap kebutuhan bawang merah di Tanah Laut bisa terpenuhi sendiri.
Hal senada di utarakan bupati Tala Bambang Alamsyah, bahwa apapun kebutuhan petani jangan segan-segan meminta kepada Pemerintah Daerah melalui dinas terkait, karena komitmen pemerintah daerah bahwa sektor pertanian maupun perkebunan harus meningkat setelah sektor kesehatan dan pendidikan.
“kalau kelak ada panen lagi bupati tidak usah di undang, karena sama saja, tapi undang ketika petani sudah hendak pergi umrah berkat hasil panen bawang merah, atau sudah bisa beli mobil double cabin,” ucap bupati.
Sementara itu Momo Aris ketua Poktan Usaha Mandiri yang telah menanam bawang merah mengatakan, Alhamdulillah target dari dinas tanaman pangan, holtikultura dan perkebunan telah terpenuhi, dan hasil panen di jadikan bibit kembali karena ada 4 hektar lahan lagi yang siap menunggu bibit dari sini.
“pasca panen selanjutnya di tanami bibit tomat, karena memang tidak serta merta di tanam kembali bawang, dengan tujuan untuk menghilangkan unsur hama pada tanaman bawang,” jelasnya.
Di kesempatan itu bupati juga menyerahkan 3 Kultivator kepada Katwadi dari Desa Ketapang, Lusni dari Desa Atu-Atu dan Sukatman dari Desa Sabuhur.baz

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook