PUBLIK

Bentuk Tim Pengawas Dan Evaluasi Usaha Perkebunan

INFOTANAHLAUT.COM-Tim Pengawasan Dan Evaluasi Usaha Perkebunan di bentuk oleh Pemkab Tala dan di ketuai oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Tala bertujuan untuk menyisir lahan-lahan perkebunan di luar Hak Guna Usaha (HGU) dan berpotensi untuk pendapatan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).
Di jelaskan Badarudin selaku Kabid PBB dan BPHTB (Bea Perolehan Hak Tanah dan Bangunan) pada Badan Pendapatan Daerah (Bapenda), Selasa (13/8) mengatakan, capaian sampai per 31 Juli Perdesaan dan Perkotaan (P2) target tahun 2019 sebesar Rp 3,6 milliar, dan sampai pada bulan Juli Rp 1,4 miliar atau 40 persen. Di tahun 2018 kemarin lebihi target, dimana target Rp 3,5 miliar realisasi sebesar Rp 4,2 miliar atau 120,51 persen.
Ia menambahkan, proses jemput bola salah satunya dengan membentuk kolektor desa sebagai rangsangan untuk jemput PBB, dengan 1 desa 1 kolektor. Semuanya di serahkan ke desa.
“Kolektor jelaslah untuk menjembatani masyarakat yang jauh. Selain pila Door to door, dan melalui program Manunggal Tuntung Pandang yang mencakup pelayanan pendataan, mutasi, dan salinan,”jelas Badarudin.
Untuk di ketahui bahwa keweangan Bapenda adalah pada P2 (Perdesaab dan Perkotaan), sementara PBB Perhutanan, Perkebunan, Pertambangan (P3) adalah kewengan KPP Pratama Banjarbaru karena di situ ada IUP dan HGU.
Bapenda Tala sendiri, tahun ini melakukan validasi pemutakhiran data. Ada yang beberapa yang tertungggak, ada yang dobel sejak tahun 2014 di serahkan KPP Prtamana Banjarbaru ke Pemkab Tala soal PBB.
Menurut Badarudin, sampel validasi data pada 5 kelurahan di Kabupaten Tanah Laut. Hal ini dilakukan menyusul adanya keluhan warga yang beragam, seperti lain nama dan lain alamat menyangkut PBB.
Sementara adanya wacana penyisiran di luar HGU kata Badarudin pula, datanya di persuhaan.
Dari kelompok masyarakat ada yang menyampaikan ada lahan plasma bukan inti. Namun tim saat ini masih dalam tahapan Pengumpulan Bahan Keterangan (Pulbaket),tutup Badarudin.Tung

2
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook