PUBLIK

Berangus Tikus Lewat Pengasapan

INFOTANAHLAUT.COM- Hama yang paling menjadi musuh petani berupa tikus, menjadi satu momok yang menakutkan petani karena akan dapat merusak tanaman padi yang akan panen. Sejalan dengan itu, mamasuki masa tanam ini, petani di Desa Maluka Baulin Kecamatan Kurau melakukan pola pengasapan untuk menangkap hama tikus yang masih berada di dalam tanah atau di antara lahan yang sudah di tanami padi.

Pola pengasapan di lubang-lubang tikus tersebut, Selasa (31/10) turut di saksikan bupati Tala Bambang Alamsyah, kepala dinas pertanian tanaman pangan, holtikutura dan perkebunan Mustahdi serta dari pertanian provinsi Kalsel.

Hasil dari pengasapan tersebut membuahkan hasil, sejumlah tikus-tikus pun dapat di tangkap dan sudah dalam kondisi mati, karena memang pengasapan atau asap yang di hasilkan beracun.

Di kesempatan itu pula di berikan hibah alsintan pertanian, hand tractor dan mesin penggiling padi dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanah Laut, yang merupakan program bantuan bagi petani yang mengalami banjir di tahun 2015 lalu.

Bupati Tala Bambang Alamsyah mengatakan, setelah hama tikus ini dapat di basmi, maka saatnya untuk persiapan melakukan tanam padi. Bantuan hibah peralatan pertanian merupakan sebuah anugerah, jadi pemakaiannya juga harus di atur antar anggota kelompok.

“semoga dengan peralatan ini, petani dapat melakukan tanam padi tidak hanya 2 kali setahun, namun bisa sampai 3 kali dalam setahun. Petani di Jawa sekarang ini kaya-kaya, maka tidak salah bagi petani di Desa Maluka Baulin pun bisa kaya,” kata Bambang.

Sementara itu kepala dinas pertanian, tanaman pangan, holtikultura dan perkebunan Tala Ahmad Mustahdi dalam keterangan persnya mengatakan, untuk masa tanam ini memang awalnya harus di lakukan pembersihan terhadap hama tikus, karena memang populasi tikus ini sangat cepat berkembang.

“satu pasang tikus saja dalam setahun bisa menghasilkan ribuan ekor anak, maka dari itu dengan pola pengasapan setidaknya dapat menekan populasi tikus,” jelasnya.Tung

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook