PUBLIK

Beri Bantuan Korban Kebakaran Plus Reses

INFOTANAHLAUT.COM-Musibah kebakaran yang melanda warga di Jalan Goa gang Langgar Rt 3 Dusun Desa Pasir Putih Kecamatan Kintap yang bertepatan dengan lebaran Idul Adha 1439 Hijriah lalu telah menghabiskan 6 buah rumah,menjadi atensi dari Ketua DPRD Tanah Laut Haryanto.
Penyerahan bantuan pada Jum’at (24/8) pekan tadi,Haryanto menyerahkan bantuan puluhan doz mie instan,beras,kopi,sarden dan teh kepada Posko kebakaran yang berada di kantor desa setempat atas nama pribadi.
Paket bantuan ketua DPRD tersebut di terima langsung oleh Mahdian kepala Desa Pasir Putih dengan di saksikan sejumlah warga lainnya.
Sebelumnya,Ketua DPRD Tala melakukan peninjauan kelokasi 6 rumah warga yang terbakar. Bersama beberapa warga setempat ketua DPRD pun berdialog seraya bertanya-tanya kronologis kejadian kebakaran tersebut.
Usai menyerahkan bantuan ke posko kebakaran Desa Pasir Putih,ketua DPRD melanjutkan kegiatan reses ke kantor Desa Mekar Sari Jalan Pantai Love Sari Rt 08 Dusun III Kecamatan Kintap.
Ketua DPRD Tala rupanya sudah di tunggu warga setempat di kantor desa,dan juga kepala Desa Mekar Sari Witono.
Dalam reses terungkap masalah pertanian utamanya menyangkut irigasi berikut siring di sepanjang jalan poros desa, maka dari itu berharap melalui anggaran perubahan 2018 irigasi berikut dengan siringnya tersebut bisa di bangun.
Di ungkapkan Kades Mekar Sari Witono, adanya embung dengan keadaan air kurang lebih 60 meter kubik menjadi harapan bagi warga untuk keperluan sawah. Ada pula sawah warga bila hujan lumpurnya masuk sawah,jadi perlu di keruk lagi tanggulnya.
“Usulan embung di Rt 4 dengan luas 40 hektar,sampai kini belum ada kabarnya, padahal sudah di hibahkan lahannya,dan usulan itu sudah era bupati Bambang Alamsyah yang sudah di sanggupi tapi sampai sekarang belum di realisasikan.
Sementara itu Ketua DPRD Tala menjelaskan bahwa di tahun 2018 prioritas irigasi di Desa Mekar Sari telah masuk dalam catatan,disamping itu adanya pembangunan rumah sakit tipe D di Desa Kintap Lama merupakan program prioritas.
Di jelaskan pula,kenapa harus ada rumah sakit di Kintap,mengingat perkembangan Kecamatan Kintap dan Kecamatan Jorong yang pesat,maka pelayanan kesehatan sudah barang tentu juga harus di tingkatkan. Selain itu juga melihat pada faktor jarak ke rumah sakit kabupaten yang cukup jauh,dan hal tersebut sudah melalui survei yang layak di bangun rumah sakit. Namun demikian tetap memperhatikan program yang lain karena sudah merupakan tanggung jawab pemerintah daerah.
“Inginnya reses ini sebulan sekali, namun karena aturan yang hanya 2 kali saja dalam setahun,”kata Haryanto.
Kondisi keuangan Kabupaten Tanah Laut yang kian merosot,maka atas semua usulan pembangunan dalam setiap tahunnya di pilah-pilah mana yang prioritas.
Ada yang namanya Silpa dan itu bisa di gunakan kembali dengan catatan untuk anggaran yang di kalkulasi Rp 200 juta ke bawah pengerjaannya penunjukkan langsung,akan tetapi sebaliknya di atas Rp 200 juta melalui proses lelang.
Usulan warga lainnya seperti bidang kesenian Kuda Lumping yang masih minim dengan peralatan pendukungnya. Ada pula usulan bidang keagamaan seperti bantuan untuk langgar dan mesjid. Hal itu di katakan ketua DPRD Tala mekanismenya harus menggunkan proposal karena menyangkut dana hibah.Tung

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook