PEMKAB TALA

Berobsesi Agro Tehno Park Bakal Dirintis

INFOTANAHLAUT.COM-Desa Bumi Jaya di Kecamatan Pelaihari merupakan satu-satunya desa di Kabupaten Tanah Laut dengan segudang prestasi baik tingkat provinsi maupun nasional di tahun 2019 ini.
Atas keberhasilan dengan mengantongi sejumlah prestasi tersebut,bupati Tala H.Sukamta bahkan berkeinginan agar di Desa Bumi Jaya di buatkan pengembangan wisata Agro Tehno Park,demikian di utarakan Sukamta saat kegiatan syukuran desa,Selasa (31/12) di pendopo kantor desa setempat.
Sementara itu kepala Desa Bumi Jaya Mulyono juga mengungkapkan,bersama warga di Pendopo tiada lain dalam rangka syukuran atas sejumlah prestasi yang telah di raih selama tahun 2019, di anntaranya pada lomba Dasawisma tingkat provinsi Kalsel mendapatkan harapan 1,lomba desa nomor 1 tingkat provinsi Kalsel,dan lomba desa regional kalimantan 3,pengelolan bank sampah,lomba kader,dan juga dari Kementerian Lingkungan Hidup (LH) yang di kenal dengan Program Kampung Iklim (ProKlim) adalah program berlingkup nasional yang di kelola oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam rangka meningkatkan keterlibatan masyarakat dan pemangku kepentingan lain untuk melakukan penguatan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim dan penurunan emisi GRK serta memberikan pengakuan terhadap upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim yang telah dilakukan yang dapat meningkatkan kesejahteraan di tingkat lokal sesuai dengan kondisi wilayah.
Menurut Mulyono pula,Proklim di raih berkat dukungan dan partisipasi warga,semoga tahun depan bisa di pertahankan. Untuk Proklim bisa di naikan proklim ke Lestari,karena sebelumnya di dapat Proklim utama,namun dengan catatan ada pembinaan 10 desa.
Program pembangunanl di tahun 2019 lalu mengunakan dana desa atau Alokasi Dana Desa (ADD),dimana membangun 1 sekretariat Karang Taruna dan siring sepanjang 1.900 meter,dan di tahun 2020 akan di bentuk penyertaan modal kepada Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) sebesar Rp 150 juta.
Pada kesempatan itu,Sukamta mengapresiasi Desa Bumi Jaya,karena belum pernah ada desa yang dapat sejumlah penghargaan tersebut di raih di tahun sebelumnya.
Tahun 2019 begitu banyak prestasi di raih,prestasi yang luar biasa,bahkan para medis teladan mengambil sampel Desa Bumi Jaya,maka inilah telah terjadi proses pembangunan yang luar biasa.
Hal itu kadesnya yang mantap,karena mampu kerjasama dengan warga. Tapi kalau tidak,mungkin masyarakatnya juga acuh, “kerjakno dewe,ora mungkin entuk prestasi,”(Kerjakan sendiri tidak mungkin dapat prestasi),jangan sampai itu terjadi,papar Sukamta.
Sukamta menambahkan,ini adalah komitmen perangkat desa yang kompak. Tidak salah punya nama Bumi Jaya,ternyata jaya terus,dan soal Bumdes di tahun 2020 ini adalah langkah maju,karena kades punya komitmen membangkitkan ekonomi dan produktivitas masyarakat,karena kalau hanya infrastuktur saja efek ke masyarakat agak kurang,tutup Sukamta.
Melihat pada potensi Desa Bumi Jaya,Sukamta juga berobsesi adanya wiisata Agno Tehno Park yang di padukan dengan pertanian yang ada,sebagai contohnya pengunjung bisa ikut memanen sendiri hasil pertanian,nanti setelah di panen di timbang kalau pengunjung mau pulang,dan yang namanya wisata tidak ada matinya.
Pemkab Tala juga akan arahkan ke bidang pergerakan ekonomi masyarakat,karena Desa Bumi Jaya bisa di jadikan contoh bagi desa lain.
Melengkapi syukuran itu,Sukamta melakukan pemotongan nasi tumpeng,dan menyerahkannya kepada kades Bumi Jaya.
Kegiatan turut di hadiri Camat Pelaihari Dwi Anggraini,Ketua TP PKK Hj.Nurul Himkah Sukamta,Ketua GOW Yati Octaviani serta tokoh masyarakat,tokoh pemuda desa setempat.Tung

2
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook