KRIMINALITAS

Berteduh Dari Hujan, Niat Mencuri Spontan Muncul

INFOTANAHLAUT.COM- Lantaran berteduh karena hujan deras saat melintas di Jalan Datu Insad atau pas berada di halte bis SDN Angsau 4, Sapransyah warga Jalan Swasembada Rt 10 Dusun 3 Desa Jorong, Supriyadi warga Jalan Tanjung Perak Rt 07/03 Desa Jorong, dan Sahruji warga Jalan Cempaka Putih Rt 03 Desa Batalang kesemuanya di Kecamatan Jorong itu saat berteduh di sebuah halte bis depan SDN Angsau 4 muncul dalam pikirn mereka untuk mencuri peralatan sekolah berupa laptop di ruang Laboraturium bahasa SDN Angsau 4.
Sapransyah mungkin punya ke ahlian dalam membongkar kunci pintu walau di pasang gembok dan terali besi. Cara dengan mencungkil paksa kunci ruangan lab dan terali besi pun hanya di benggkokkan dengan tangan tanpa bantuan alat apapun. Pelaku Sahruji bertugas untuk tetap siaga di sepeda motor sambil memantau kondisi sekitar, sementara Sapranyah dan Supriyadi yang masuk ke ruangan. Berhasil masuk kedalam ruang lab, keduanya langsung menuju lemari karena di yakini di lemari itulah tersimpan laptop. Walau dalam keadaan ruangan gelap, baik Sapransyah dan Supryadi pun hanya meraba-raba lemari, al hasil 7 buah laptop yang masih tersimpan dalam tasnya itu pun dapat di ambil dan melarikan diri.
Ke esekon harinyaa, Mastaniah salah seorang guru di SDN Angsau 4 pun saat melihat kaget karena melihat kunci pintu ruang lab bahasa rusak, ia pun dan melaporkannya ke kepala sekolah.
Kapolres Tala AKBP Sentot Adi Dharmawan, Rabu (6/2/2019) dalam keterangan persnya mengatakan, terungkapnya aksi pencurian laptop yang mereka lakukan pada tanggal 28 Januari 2019 lalu sekitar pukul 019.00 wita, dan laptop mereka jual demi untuk keperluan hidup sehari-hari dari hasil penjualan.
Dari 7 buah laptop merek Lenovo warga hitam dengan layar 17 inci itu, 4 buah di antaranya sudah di jual kepada Kasim warga di Kecamatan Jorong dan di jual ke wilayah Banjarbaru dan sisanya dapat di amankan.
Unit reskrim Polres Tala bersama gabungan Polsek Jorong, unit Resmob Polda Kalsel dan Polres Banjarbaru akhirnya dapat menangkap pelaku pada hari Sabtu (2/2/2019) kemarin di Banjarbaru dan Kecamatan Jorong.
Dari hasil pengembangan di tetapkan pelaku lainnya yakni Wahyudinoor warga Sungai Tiung Rt 28/09 Desa Sungai Tiung Kecamatan Cempaka kota Banjarbaru sebagai penadahnya.
Kepada awak media pelaku Sapransyah mengungkapkan, ia melakukan itu tidak berencana alias sepintas di pikiran semata muncul, dan kebetulan berteman dengan Wahyudinoor di Banjarbaru yang suka upload-upload di FB kalau ingin menjual barang-barang bekas lainnya seperti Hp.
“inipun baru kali pertama mencuri laptop di sekolah, dan mungkin lebih dari 7 buah laptop dalam lemari itu, namun karena gelap maka diambil seadanya. Sebelum mencuri minum alkohol 95 persen dulu yang di campur-campur di taman kolam Mina Tirta Pelaihari,”ungkapnya.
Sementara Wahyudinoor sang penandah laptop curian mengaku sempat was-was juga dengan barang yang ia terima dari sahabatnya Sapransyah.
“satu laptop di jual sebesar Rp 850.000 per unit dan di beri jatah Rp 150.000, sedangkan satunya lagi di jual Rp 1,3 juta,”kata Wahyudinoor.
Para pelaku di jerat pasal 363 ayat 2 KUHP dengan ancaman 9 tahun penjara dan pasal 480 KUHP dengan ancaman 4 tahun penjara.
Atas keberhasilan pihak Polres Tala mengungkap pelaku pencurian laptop, maka laptop-laptop itupun kembali ke SDN Angsau 4. Oleh Kapolres Tala AKBP Sentot Adi Dharmawan pun menyerahkan laptop yang berhasi di amankan kepada Rohman,Spd selaku kepala sekolah SDN Angsau 4.
“dengan peritiswa ini SDN Angsau 4 tengah di coba, keluarga besar SDN Angsau 4 mengucapkan terima kasih kepada jajaran Polres Tala yang telah siap siaga dan menangkap pencurinya. Alhamdulilah dari 7 buah laptop walau sebagian perlengkapann seperti tasnya sebagian sudah tidak ada lagi,”tutupnya.
Lantas saat di tanyakakan apakah sekolah tidak ada Satpamnya ?
Menurut Rohman untuk mengadakan tenaga Satpam di sekolah jelas nanti pihak sekolah tidak bisa menggaji, karena gaji Satpam tidak bisa di ambil dari dana BOS,tutupnya.Tung

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook