PUBLIK

Bintang Salut Komunitas Trail Peduli Api

INFOTANAHLAUT.COM- Inspektur utama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Bintang Susmanto, salut dengan komunitas trail yang kerap di gunakan untuk kegiatan adventure ini ternyata juga peduli dengan kondisi api, utamanya yang menyangkut kebakaran lahan.
Hal itu di ungkapkan Bintang saat melakukan kunjungan dan melakukan pengecekan terhadap segenap pasukan pemadam kebakaran, baik milik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanah Laut, Sat Pol PP dan Damkar, dan pemadam dari perusahaan maupun swasta, hingga sampai di tingkat kecamatan, Senin (25/9) sore di halaman stadion Pertasi Kencana Pelaihari.
Dalam kunjungan dan sekaligus pengecekan pasukan Damkar pejabat BNPB ini turut di dampingi bupati Tala Bambang Alamsyah, Sekda Tala Syahrian Nurdin, kepala BPPD Tala M Noor serta kepala SOPD lainnya.
Tidak semata hanya pasukan Damkar, dalam hal turut membantu pemadaman api juga melibatkan peran komunitas komunikasi seperti Rapi dan Orari.
Satu persatu, pejabat BNPB ini melakukan pengecekan dan berdialog dengan personil damkar yang lengkap dengan seragam Damkar, termasuk ada pula yang membawa peralatan pemadaman sederhana yang di sebut Gopyok (alat pemukul api dari karet).
Ketika berada di pasukan pemadam trail, Bintang pun terkagum-kagum karena barangkali baru kali pertama ia menemukan model pemadaman api semacam ini yang menggunakan sepeda motor trail dan ridernya di lengkapi alat pemadam.
Sebagai rasa penasarannya, Bintang pun di perlihatkan cara kerja pemadaman api unit trail ini, berikut daya semprot air yang menggunakan mesin kecil portable. Jika isi air full sebanyak 30 liter dengan berat berkisar 25 kg. Saat di semprotkan mampu sejauh 10 meter dengan bantuan mesin portable.
“Kabupaten Tanah Laut memang sudah siap menghadapi bencana, di satu sisi adanya komitmen dari bupati dengan bencana kebakaran, jika lokasi tidak bisa di jangkau mobil, maka peran dari trail itulah unit pemadam yang bisa menembus medan berat, karena memang bupati suka dengan olahraga trail ini, ” kata Bintang.
Ia menambahkan, terkait Damkarnya sendiri sudah sangat siap dengan kondisi kebakaran di Tanah Laut, mereka terlihat prepemtif yang dulunya responsive, dan mengantisipasi hot spot di Tanah Laut dan Kalsel, BNPN memberikan bantuan 2 unit helikopter untuk water boombing, karena hot spot di sana sudah mulai berkurang.
Harapan kedepan BPBD tetap menggalang pemerintah, dunia usaha dan masyarakat untuk bersama-sama menanggulangi Karhutla, di samping penanganan bencana lainnya seperi banjir, tanah longsor dan angin puting beliung, karena Tala tingkat kerawanan bencana cukup tinggi, sehingga 3 fungsi seperti koordinasi, komando dan pelaksana harus sejalan.
Sementara itu bupati Tala Bambang Alamsyah soal unit pemadam trail mengatakan, memang awalnya saat touring di suatu wilayah terjadi kebakaran hutan, dan setelah komunikasi dengan pihak BPBD Tala ternyata lokasi tidak bisa di jangkau, akhirnya dari saat itulah bersama teman-teman komunitas trail yang tergabung dalam MD Trail putar otak ketemulah cara dengan memanfaatkan trail ini untuk bisa menjangkau lokasi yang sulit.
Saat ini ada 15 unit trail pemadam yang telah di lengkapi dengan tanki dan mesin portable. Komunitas peduli api dari trail ini sendiri bernama MD Fire yang di ketuai oleh bupati Tala sebagai orang yang memang hoby adventure dengan motor trail.
Anggota senior MD Fire Syamsuri menuturkan, trail tidak semata hanya di gunakan untuk menguji nyali saat touring, namun bagaimana kehadiran trail ini juga membawa manfaat bagi masyarakat utamanya yang menyangkut Karhutla.
“kami langsung ke titik api jika terjadi kebakaran lahan guna membantu tugas BPBD Tala,” terangnya.Tung

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook