PUBLIK

BNNK Programkan RAN P4G

INFOTANAHLAUT COM-Badan Nasional Narkotika Kabupaten (BNNK) Tanah Laut di tahun 2019 punya program Recana Aksi Nasional (RAN) Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap (P4G) narkotika, demikian hal itu di sampaikan ketua BNNK Tala Firmansyah, Selasa (18/12/2018) kemarin di sekretariat BNNK Tala jalan Gembira Pelaihari.
Dalam kegiatan terkait P4G tersebut yang sudah dilaksanakan yakni tes urine ke instansi vertikal yang hasilnya semua negatif, sosialisasi narkoba ke sekolah-sekolah dan ke masyarakat melalui Puskesmas, penyebaran spanduk di sekolah-sekolah dan tempat umum, serta rehabilitasi bagi pengguna narkoba.
Dalam kesempatan tersebut juga di sampaikan hasil program kerja yang telah dilakukan di tahun 2017 yang masing-masing di paparkan oleh kasi pencegahan dan pemberdayaan masyarakat Fadhilah Rahman,S.KM,M.PH dan kasi rehabilitasi Budi Setya Nugraha.
Di paparkan ketua BNNK Tala, kegiatan dari bidang pemberdayaan masyarakat masih sebatas penyuluhan dan setelah penyuluhan ada penanganan rehabilitasi, namun hanya rawat jalan karena tidak terlalu berat sebagai pengguna narkoba.
“Ada yang sadar dari orang tua mau merehabilitasi anaknya, dan tahun 2018 ini ada 3 orang yang di rehabilitasi yakni dari Kecamatan Pelaihari, Kintap dan Kurau dengan beragam kasus narkoba seperti sabu, lem dan obat terlarang, dan alhamdullilah mereka bisa sadar bahkan menjadi duta, serta sudah ikut gabung di karang taruna di desa masing-masing, dan dari merekalah dapat menyampaikan kepada teman-temannya untuk memsosialisasikan narkoba,”papar Firmansyah.
Untuk memperkuat jaringan dalam hal pencegahan narkoba di Kabupaten Tanah Laut, BNNK Tala tengah mempersiapkan membentuk jaringan atau relawan di kecamatan. BNNK Tala juga tengah merancang yang namanya Desa Bersinar (Desa Bersih Narkoba). Desa Bersinar sendiri akan di tetapkan di Desa Telaga Langsat dan Desa Kecamatan Takisung. Penetapan Desa Bersinar pun ada kaitannya dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Tala.
Tidak semata hanya sosialisasi ke sekolah-sekolah, BNNK Tala juga merangkul komunitas pecinta motor dalam hal pencegahan narkoba.
Menurut kasi pencegahan dan pemberdayaan masyarakat Fadhillah, respon care (peduli) dari pecinta motor begitu besar, dengan anggotanya sebanyak 100 orang, mereka siap untuk di latih menjadi relawan BNNK. Termasuk pula dengan keberadaan Karang Taruna di Desa Sungai Riam Kecamatan Pelaihari yang juga begitu care dengan program BNNK Tala.
“BNNK terus bergerak dalam hal pencegahan penggunaan narkoba, baik bandar besar maupun bandar kecil,”tutup Fadhilah.Tung

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook