POLRES TALA

Bripka Rahmat Motori Tanam Pohon Tepian Bendungan

INFOTANAHLAUTCOM-Di motori oleh Rahmat,anggota dari Polsek Pelaihari kota berpangkat Bripka,Jum’at (28/07/2018) ia mengajak berbagai elemen masyarakat dan TNI untuk menanam beragam bibit pohon di tepian Bendungan Rt 04 Desa Sumber Mulia Kecamatan Pelaihari.
Sebagai anggota Bhabinkamtibmas hal itu sebagai wujud kepedulian terhadap desa binaannya utamanya menyangkut masalah lingkungan.
Jenis tanaman yang di tanam berbagai jenis yakni Trambesi 2.500 batang, Mahoni 3.000 batang,Sengon 9.000 batang dan Alpukat 500 batang.
Kegiatan yang di prakarsai oleh Bripka Rahmat juga bekerjasama dengan Pemerintahan Desa Sumber Mulia,dan bertujuan untuk penghijauan di tepian Bendungan sekaligus untuk memberikan tambahan sumber air ketika kelak pohon tumbuh besar. Bendungan juga sebagai sumber mata air bagi warga setempat.
“Semua bibit pohon di dapatkan dari Balai Pembibitan Produktif di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Bendungan tersebut,sangat penting bagi warga setemlat karena di gunakan untuk bercocok tanam sawah pertanian dan sebagai sumber air buat warga sekitarnya,”kata Bripka Rahmat.
Ia menambahkan,pengajuan bibit prosesnya dilakukan 6 bulan lamanya dan bisa terealisasikan. Luas Desa Sumber Mulia 10,5/kilometer persegi.
Penanaman pohon di kawasan bendungan tersebut di tanami kurang lebih sekitar 6000 pohon dan sisannya nanti bisa ditanam oleh warga,satu rumah bisa di tanam 7 pohon. Untuk jumlah penduduk Desa Sumber Mulia sekitar 2.500 orang dengan jumlah Kepala Keluarga sekitar 450 KK.
Setelah penanaman pohon selanjutnya di serahkan kepihak Desa Sumber Mulia untuk perawatan karena sudah ada kelompok tani hutan yang nantinya merawat pohon hingga tumbuh menjadi besar.
Sementara di kesempatan yang sama Kepala Desa Sumber Mulia Hendro mengatakan, setelah penanaman ini akan terus dilakukan monitor supaya tanaman benar-benar terpelihara dengan baik dan membawa hasil utamanya terhadap bendungan yang bisa jadi potensi wisata,sehingga bisa penambahan nilai tambah bagi warga,”kata Bripka Rahmat.
Pada aksi penanaman pohon juga turut di hadiri Kapolsek Pelaihari Kota Akp Shofiyah.Tung

1
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook